Langsung ke konten utama

Video Dewasa Menjadi Masalah Google Plus Tutup?


Dibalik Tutupnya Google Plus, Menurut Pandangan Pribadi

Hallo, kali ini saya ingin membahas tentang Google plus yang sudah ramai dibicarakan untuk ditutup dari akhir tahun kemarin, bisa anda baca salah satu artikelnya disini. Google plus sendiri menjadi salah satu favorit bagi blogger, mengapa? Karena sangat menguntungkan dari segi SEO dan membantu untuk membangun komunitas blog.

Sedikit Sejarah Google Plus


Dari awal mulanyaVic Gundotra dan Bradley Horowitz menciptakan google plus pada tahun 2012,  platform tersebut mendapatkan respon yang positif, hingga tahun puncak google plus pada tahun 2015, pengguna Google plus meningkat hingga 115 juta user aktif.

Menandakan Google plus punya zaman jaya yang sudah menjadi kenangan, jika saya flashback ke belakang, yang dihadirkan oleh Google sangat lengkap dibandingkan dengan media social dan platform microblogging lainnya, seperti facebook. Twitter, atau instagram yang saat ini menjadi primadona kawula muda.

Fitur apa saja yang membuat Google Plus “ciamik” ?


  1. Hangouts
  2. Sharing foto
  3. Interface
  4. Terintegrasi dengan Google
  5. Tag yang lebih mudah dan khusus
  6. Membantu blogger dalam membangun backlink
  7. Komunitas yang mudah dimoderasikan dan dijalankan
  8. Sharing Video yang tidak dibatasi

Namun, fitur-fitur yang mumpuni dan canggih yang dimiliki Google plus tidak menjadikan mereka bertahan dalam persaingan platform media sosial, sehingga karam dan resmi diberhentikan pada maret 2019 mendatang.

Penyebab Google Plus Tutup Usia


Apa yang membuat Google Plus tutup usia pada maret 2019 nanti? Menurut saya pribadi melihat Google plus dari luarnya saja, bukan sebagai intern pekerja di sana, ada 4 faktor krusial yang membuat google plus tidak dapat diteruskan, yaitu:

  • Penurunan signifikan setelah masa kejayaan mereka di tahun 2015
  • Saingan yang memiliki marketing yang lebih baik di kalangan anak muda
  • Tidak mudah digunakan dari segi personal
  • Dan yang terburuk adalah google plus menjadi platform yang sangat sering disalahgunakan oleh usernya.
penyalahgunaan yang sangat menonjol untuk diperhatikan sebagai masyarakat digital saat ini adalah:

penyalahgunaan untuk konten-konten yang berbau pornografi seperti, video dewasa, link, atau foto yang menjadikan google plus sebagai platform yang berbahaya untuk masyarakat Indonesia khususnya.
Terlebih lagi, google sendiri seperti tidak menyaring konten-konten demikian, sehingga harus menunggu respon user mereka untuk mengirimkan umpan balik agar konten-konten tersebut hilang dari google plus.

anda dapat melihat kata kunci yang sangat sering dicari oleh orang-orang Indonesia yang mengaitkan dengan Google Plus di bawah ini:

kata kunci yang sering dicari oleh orang Indonesia untuk Google Plus
Hasil penelusuran pribadi dengan hanya menuliskan kata kunci "google plus"


Kabar Baik dan Buruk Untuk Dunia Blogger

Tentu saja, dari berakhirnya platform micro-blogging yang diciptakan oleh google ini, pasti memiliki dampak yang buruk dan baik untuk dunia blogging, mengapa?

Karena secara otomatis widget g+ yang terpasang pada blog tidak ada lagi, dan yang lebih buruknya lagi komentar-komentar yang telah termuat melalui google plus akan hilang, termasuk diskusi yang sudah dilakukan oleh webmaster dan pengunjungnya.

Dari segi SEO sendiri, karena hilangnya google plus, para webmaster kehilangan backlink yang cukup kuat, karena link-link yang tertanam dan yang merekomendasikan blog mereka akan secara permanen terhapus dari pencaharian google dan otomatis mereka akan mengalami penurunan rekomendasi.

hikmah baiknya adalah praktek SEO yang brutal (abuse) pada google plus tidak akan terjadi lagi.

Namun, sangat disayangkan karena google plus tidak hanya untuk itu saja, komunitas yang terbangun sejak lama dan yang bertujuan baik pun akan kena getahnya juga.

Akhir kata dari saya, selamat tinggal kepada Google plus yang telah menemani pengguna Google selama 6 tahun lamanya. Good Bye!

sumber:
wikipedia.com
pexels.com (untuk gambar)
observasi langsung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menentukan Judul Blog Yang Bagus dan Menarik Pengunjung

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Panduan Memilih Niche Blog Terbaik Untuk Pemula

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung