Langsung ke konten utama

Berhenti Dari Program Google Adsense


Setelah hampir 6 tahun saya mengikuti program Google Adsense, saya memutuskan untuk berhenti mengikuti program tersebut, alasannya simple karena pendapatan dan waktu yang dikorbankan tidak cocok, waktu dan energi yang dicurahkan untuk mengurus blog, web, dan youtube menyita waktu saya, namun yang saya dapat tidak begitu banyak.

memang ketika saya mengikuti program ini pertama kali, saya dapat gajian tiap bulan, namun seiring berjalannya waktu, penghasilan dari adsense semakin menyusut, mulai tahun 2014 saya mulai ragu untuk meneruskan usaha yang telah saya rintis dari lama.

faktor yang menunjang untuk berhenti dari program adsense adalah:


  1. Google sudah semakin ketat dan tanpa ampun membanned akun hingga identitas personal yang dicurigai atau melakukan pelanggaran.
  2. semakin banyak user Google adsense yang asal sehingga iklan yang tergenerate otomatis sering terbagi-bagi.
  3. banyak pesaing-pesaing publisher yang memang sudah serius untuk meningkatkan pendapatan dari adsense dengan membentuk tim
  4. BPK yang anjlok karena banyak kasus invalid klik.
  5. yang terakhir, karena saya punya rutinitas usaha yang lain.
tulisan ini tidak bermaksud untuk mengajak anda berhenti dari program adsense, karena saya yakin juga adsense pasti masih menghasilkan, tetapi jika dibandingkan dengan kegiatan yang lain seperti kerja kantoran atau menjadi wirausahawan sepertinya lebih menjanjikan kedua hal itu.

Adsense bagi saya hanya menjadi kenangan manis saat mahasiswa, karena dari adsense juga saya bisa bertahan hidup dan meneruskan perkuliahan saya.

Peringatan Penting Untuk Anda Tentang Adsense

Adsense bukan-lah hal mudah untuk diatur, asal bikin blog atau chanel Youtube yang banyak pengunjungnya maka anda akan dapat uang yang banyak, walaupun harusnya seperti itu tapi kenyataannya lebih pahit.

menurut saya, lebih baik anda menjadikan bikin chanel atau blog sebagai hobi, jadi nyicil, bukan dipaksakan, seperti 1 hari harus update blog atau chanel youtube, bagi saya seperti itu adalah hal yang tidak terbayarkan dengan layak, mengapa?

karena karena belum tentu blog anda akan banyak pengunjung karena dan klik ketika anda membuat blog atau chanel youtube yang diupdate sehari sekali.

sekian dari saya, maaf jika tulisan saya sedikit ngawur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menentukan Judul Blog Yang Bagus dan Menarik Pengunjung

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Panduan Memilih Niche Blog Terbaik Untuk Pemula

Cara Kerja Mesin Pencarian (Indexing, Crawling, dan Ranking)

Membuat Rating Bintang di Blog, Apakah Meningkatkan SEO?