Langsung ke konten utama

Apakah SEO di Indonesia Masih Sangat Penting?

seo di indonesia terkadang disalahartikan, dianggap jadi cara baku untuk menaikan pengunjung, padahal tidak begitu, SEO hanya membantu agar lebih mudah ditemukan pengguna google

SEO di Pandangan Saya Sebagai Blogger Indonesia

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman di dunia SEO, artikel kali ini saya ingin tujukan untuk teman-teman blogger yang mencoba peruntungan di dunia blogging.

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya 3-4 tahun yang lalu saya tertarik untuk menggeluti dunia blogging, alasan simple yang membuat saya tertarik ada dua, pertama memiliki halaman blog sendiri di internet terlihat keren dan menghasilkan uang dari blog juga keren.

Karena waktu itu saya masih menyandang status mahasiswa, jadi indikator keren itu menjadi ukuran yang cukup diperhitungkan oleh saya, setelah saya memasuki dunia blogging, saya diperkenalkan dengan SEO (search engine optimization), yang “katanya” penting.

Hilir-mudik saya mencari artikel dan belajar untuk menguasai SEO dan menulis dengan baik untuk blog saya, tapi sayangnya saya tidak tahu dengan benar keunikan SEO yang selalu berubah-ubah.

Mengapa SEO unik dan berubah-ubah, saya beritahu anda agar anda punya gambaran jika ingin mendalami ilmu SEO.
  • Algoritma yang selalu berubah
  • Diukur dengan hitungan matematis dan tidak pernah diungkap indikator sebenarnya
  • Setiap jenis halaman online punya caranya masing-masing dalam meningkatkan SEO
  • SEO dipengaruhi oleh pakar-pakar luar yang punya gambaran tentang bagaimana mesin pencari menyajikan hasil paling dibutuhkan dan relevan untuk pengguna.

Bisa kah saya membuktikan itu semua?


Ya saya bisa buktikan itu semua, untuk yang pertama Algorithma mesin pencari yang selalu berubah-ubah itu benar, semua pakar SEO pasti sepakat, karena Google saja berulang kali melakukan update Algorithma.

Silahkan untuk melihat halaman Moz yang telah menuliskan semua update Algorithma google disini: Google Algorithm Change History

Yang kedua, SEO itu mempengaruhi nilai matematis untuk sebuah halaman, jika anda jurusan komputer atau orang yang familiar dengan bahasa pemograman, algorithma disusun dengan bahasa pemograman yang diukur dengan matematis.

Contoh algorithma Google yang pernah dirilis ke publik

PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Sumbernya bisa anda lihat dari salah satu halaman saya disini: 16 Cara Paling Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog (Organik Traffic)

Jadi, satu indikator SEO saja, seperti backlink tidak cukup untuk mendominasi halaman mesin pencarian.

Ketiga, tidak semua halaman online anda dipukul rata, cara mesin pencari melihat halaman online seperti blog, website, atau dokumen-dokumen lainnya itu berbeda, misal seperti ini:

Saya punya blog dan website organisasi, apakah SEO nya akan sama? Tidak.

Hanya dalam penerapan dasar SEO nya saja yang sama, seperti On-page, menggunakan Title tag pada judul, dan link canonical (link unik untuk setiap URL), dan menaruh kata kunci yang ditarget.

Tidak masuk akal, jika sebuah blog pribadi memiliki markup data (data structured) organisasi, kecuali memang blog tersebut diperuntukan sebagai blog sebuah organisasi, dan diotoritaskan dengan cara mendapatkan rekomendasi dari website dan blog yang lain sebagai validasi.

Saya mohon maaf, jika banyak bahasa dan penggunaan kata yang tidak familiar dengan anda sebagai yang baru terjun dalam dunia SEO.

Keempat, SEO juga di belakang layar dipengaruhi oleh pakar-pakar, Google juga melihat pendapat dari luar juga untuk meningkatkan kinerja mesin pencarinya, seperti salah satu video di bawah ini:
Para pakar juga ingin memberikan kontribusinya untuk perkembangan mesin pencari yang dapat memudahkan manusia untuk bersosialiasi, menjalankan bisnis, dan menyediakan hasil terbaik untuk pengguna.

Sampai, buku yang ditulis secara akademis juga turun hadir untuk meningkatkan pengetahuan para praktisi SEO dalam menyentuh pengguna dengan produk-produk mereka.

Dan ini salah satu buku favorit saya tentang SEO, dengan Judul The Art of SEO.

walaupun ditulis beberapa tahun yang lalu, tetapi buku ini masih layak untuk dipraktikan bagi kita yang memang ingin serius mendalami ilmu SEO.

Kembali lagi ke permasalahan awal, yaitu SEO untuk kepentingan blog, website, dan dokumen online lainnya yang ada di Indonesia.

Saya di awal mengatakan: yang “katanya” penting dalam konteks penggunaan SEO untuk Blog.

Alasan saya menggunakan tanda petik dalam pada kata “katanya” karena untuk penekanan kepada pembaca, karena SEO tidak bisa dipukul rata.

Apakah sebuah blog kecil perlu SEO? Bisa perlu, bisa juga tidak

Perlu jika memang kita ingin membangun blog dengan strategi, kita memang menargetkan blog untuk kepentingan yang lebih besar ke depannya, tidak hanya dalam segi visitor dan keuangan seperti memasang iklan dan berbagai macam jalur-jalur penguangan blog lainnya.

Tetapi, juga membangun branding, personal atau pun ciri khas branding blog untuk kepentingan komersil.

Dan juga tidak diperlukan jika blog kita hanya diperuntukan membagikan pengalaman, sharing ide, dan menjadi catatan pribadi.

Tetapi, terkadang orang yang menulis pengalaman pribadi, sharing ide, dan menuliskan catatan pribadi secara tidak sengaja membuat artikel yang SEO, punya ide utama yang dibutuhkan, memasang kata kunci pada beberapa pragraf, dan bahkan mendapatkan banyak share di media sosial yang cukup berpengaruh untuk social signal blog.

Yang artinya tanpa SEO pun sebenarnya mereka sudah menulis artikel SEO dengan sendirinya.

Nah, kondisi blogger di Indonesia, khususnya orang- orang yang masuk dunia blogging karena melihat keberhasilan orang lain yang meraup untung dari Internet melalui blogging, akan penasaran dengan SEO.

Dan tidak sedikit yang lebih memilih untuk menyajikan konten SEO dari pada konten berkualitas+SEO, yang akhirnya mereka bertanya ke banyak orang yang telah sukses, mengapa blog mereka sepi pengunjung walaupun sudah mengikuti aturan SEO si “A” atau pun si “B” yang pakar SEO itu.

Bukan para pakar SEO Indonesia yang salah, yang salah adalah implemetasi SEO itu sendiri di masing-masing blog.

Apakah konten yang anda buat memang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna? Dan apakah blog anda cukup menarik dari pada blog orang lain?

Jika belum, cobalah untuk riset kata kunci, banyak tool gratis yang dapat anda gunakan untuk riset kata kunci, jika belum tau, silahkan kunjungi halaman saya di sini untuk riset kata kunci: Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Dan cobalah menulis blog dengan cara dan ide yang baru, agar pembaca anda bisa merekomendasikan tulisan anda ke orang lain, sehingga mesin pencari dengan sendirinya menaikan ranking blog anda.

Jika masih belum cukup, barulah anda mengoptimasi blog anda dengan SEO agar menang di pencarian Google.

SEO jika saya ibaratkan sebagai strategi untuk menjadi pemenang, bukan seperti resep masakan yang serta merta akan berhasil jika benar-benar mengikuti setiap langkah yang dituliskan.

Dan tidak baik juga menyalahkan pakar yang menyarankan cara SEO seperti “A” atau “B” jika memang pakar-pakar SEO tersebut memiliki pengalaman. Karena SEO juga membantu blog terlihat di mata pencarian.

Karena saya prihatin dengan orang yang mengatakan “nulis tinggal nulis aja gak usah mikirin SEO, SEO itu gak perlu dan gak penting”, penting kok, jika memang dibutuhkan, Google aja merekomendasikan agar artikel atau blog mudah ditemukan dengan SEO.

Cukup sekian, semoga anda paham sedikit tentang SEO dan seberapa pentingnya SEO untuk blog, agar blogger Indonesia semakin maju.

Komentar

  1. Penting tidaknya SEO itu mah tergantung tujuan masing-masing dan juga sudut pandang masing-masing. Tidak ada yang bisa bilang tidak penting, tetapi tidak ada juga yang bisa memaksakan bahwa SEO adalah nyawa ngeblog sendiri.

    Masalahnya adalah karena kebanyakan para internet marketer dan blogger yang membahas tutorial tentang blogging kerap menakut-nakuti banyak orang bahwa kalau tanpa SEO sebuah blog akan menjadi sepi kayak kuburan. Tujuannya adalah supaya dagangan mereka, yang berupa tulisan/artikel tentang "betapa pentingnya SEO " laku.

    Hasilnya adalah penyempitan dalam ruang berpikir banyak blogger yang baru saja terjun. SEO dianggap sebagai jiwa blogging sendiri, padahal SEO sendiri sebenarnya lebih masuk ke dalam jiwa marketing/promosi karena tujuannya lebih pada memasarkan.

    Jadi, biarkan saja penentu SEO penting atau tidak ada di wilayah pribadi masing-masing. Tidak usah dipaksakan. Kalau ada yang mau menganggap penting, ya penting lah bagi dirinya, tetapi belum tentu bagi orang lain. Kalau ada yang bilang tidak penting, ya tidak pentinglah bagi dirinya, tetapi tidak berlaku untuk semua orang.

    Itu pandangan saya... yang kerap dipandang nyinyir dan nyeleneh karena berpandangan bahwa SEO bukanlah segalanya dalam hal blogging. Sering dipandang tidak masuk akal dan mengada-ada bahkan disebut kakek cerewet karena bilang SEO bukanlah segalanya dalam blogging oleh banyak "pakar" SEO yang ternyata bahkan tidak bisa memanfaatkan ilmu yang diajarkannya untuk membuat blognya sendiri populer..

    To me, SEO hanyalah salah satu jalan dari sekian ribu banyaknya jalan mencapai kesuksesan di dunia blogging. Anda percaya satu jalan, saya punya jalan dan semuanya bisa menuju jalan yang sama.

    Jangan paksakan bahwa SEO harus dipakai oleh semua orang. Apalagi dengan jalan membuat mitos untuk menakut nakuti..

    :-D


    BalasHapus
  2. Oya tambahan, gaya Anda memanfaatkan Google sebagai alat "penghasut" untuk membuat argumen bahwa SEO penting sebenarnya lucu. Memang Google kah penentu segalanya?

    Pola pikir seorang internet marketer atau blogger tutorial kental sekali ada dalam tulisan yang seperti ini. Yang lagi-lagi sebenarnya tidak ada hal yang baru. Masih mempertentangkan hal lama yang dibolak balik dalam bahasa yang berbeda saja.

    Pertanyaan sederhana saja, kalau si blogger hanya sekedar memanfaatkan blog untuk menulis saja, apakah SEO penting bagi dirinya? Pernah lihat blognya Diana Rikasari yang non SEO? Tahu nggak bahwa ia blogger yang lebih terkenal dari kebanyakan para pakar SEO yang gemar gembar gembor tentang pentingnya SEO tanpa SEO sendiri . Atau Agus Mulyadi deh? Mojok ?

    Bandingkan dengan blog ini saja yang bahas SEO tapi nggak bisa seterkenal mereka.. Lalu pernahkah bertanya apa gunanya SEO kalau tidak bisa membuat terkenal dan menghasilkan duit seperti mereka?

    Pernah juga baca tentang Martha Stewart nggak?

    Dunia terlalu luas untuk selalu disempitkan dengan kalimat "SEO itu penting bagi blogger".

    Capekk dehhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih om atas kritik dan sarannya sekali lagi :)

      saya sudah jawab di atas "apakah SEO penting untuk orang yang nulis dengan memanfaatkan blog?" secara eksplisit, tidak perlu pake SEO, yang penting inti tulisan kan sampai nanti di benak pembaca, dan akan penting jika blog di strategikan melangkah lebih serius, seperti untuk bisnis ternak blog di niche2 berkompetisi besar.

      ya saya, tau orang-orang itu dan pernah baca di blog mereka juga om, mereka punya ciri khas dalam menyampaikan blog.

      lalu, mungkin om lupa akan satu hal paling mendasar dalam blogging, yaitu berbagi, jika semua dikaitkan dengan terkenal dan menghasilkan. kalo bagi saya, biar lah blog ini begini, masalah penghasilan dan terkenal itu belakangan, masih ada stock blog lain om hahahaha. yang penting berbagi.

      juga udah ditulis di atas, SEO layaknya strategi bola, bukan seperti resep makanan, yang diikuti pasti banyak pengunjung yang secara tidak langsung menjadikan blog berharga dan menghasilkan banyak uang.

      menaruh statement Google merekomendasikan bukan berarti memang harus diikuti, layaknya rekomendasi bisa ditolak atau tidak, kalo perintah dengan power legitimasi baru sulit ditolak.

      Jump conclusion yang taruh di dalam konteks komentar om, mungkin karena saya menjabarkan tidak sitemis, padahal sebelum akhir paragraf saya mengatakan SEO penting bagi blog, "jika dibutuhkan".

      kamu gak butuh, gak usah ikut, kamu butuh silahkan ikut, karena Google saja merekomendasikan.

      tapi, sekali lagi terima kasih om dalam memberikan saran

      "kita punya pandangan yang berbeda, karena pengalaman yang kita jalani berbeda"

      layaknya teori, dipertentangkan dengan teori yang lain pun tidak ada habisnya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

7 Cara Ampuh Meningkatkan 200% Pendapatan Iklan Pada Blog

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Cara Menentukan Judul Blog Yang Bagus dan Menarik Pengunjung