Langsung ke konten utama

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Mesin Pencari


artikel kali ini dikhususkan untuk blogger yang ingin mengetahui lebih dalam tentang SEO mulai dari mengetahui manfaat dan tujuan mesin pencari

Saya sebenarnya sangat ingin sekali berbagi tentang step-by-step melakukan optimasi mesin pencari on-page maupun off-page, namun saya sadar, sedikit sekali yang membahas faktor mesin pencari sebagi faktor yang sangat penting dalam SEO.

Dan saya melihat hasil dari artikel yang hanya menyajikan teknis SEO menjadikan para blogger tidak prediktif terhadap masa depan mesin pencarian atau blog mereka, sehingga banyak praktik SEO yang salah kaprah.

Selain itu, membuat blogger tidak mengerti secara jelas cara kerja penting SEO untuk membantu menaikan rangking blog mereka, maka dari itu saya memutuskan untuk membahas tentang mesin pencarian terlebih dahulu dari pada SEO.

Walaupun, mungkin para pengguna di mesin pencarian seperti Google tetap akan lebih banyak yang mencari tentang SEO ketimbang dasar mesin pencari.

Seperti pada chapter pertama yang saya buat, yaitu tentang blogging, saya akan membagi beberapa BAB untuk memudahkan anda memahami keseluruhan chapter.

Mari kita berbicara tentang pengertian terlebih dahulu.

Pengertian Mesin Pencari

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk menemukan berkas-berkas dan dokumen dalam sebuah halaman web yang tersambung dengan internet untuk disuguhkan kepada pengguna diurutkan berdasarkan banyak variable, seperti relevansi, penggunaan kata kunci, dan lokasi pengguna.

Mesin pencari dikhususkan untuk mencari berkas-berkas online dan diberikan kepada pengguna berdasarkan kebutuhan melalui kata kunci yang diketikan oleh pengguna.

Saya kira anda sudah dapat melihat dengan jelas tujuan yang sangat mulia dari mesin pencari, tetapi sebelum itu kita bahas mungkin kita berkenalan dengan beberapa mesin pencari populer di dunia ini.

Mesin Pencari Populer di Dunia

1
Google
USA
2
Yahoo
USA
3
Baidu
Tiongkok
4
Bing
USA
5
Yandex
Rusia

Tapi, saya yakin anda lebih banyak menggunakan Google.

Seperti saya, Google menjadi  tak terpisahkan dari aktifitas internet saya, saya kira juga Google menjadi pilihan mayoritas orang karena dapat diakses dengan mudah, hasil yang lebih relevan, dan mendukung pencarian dalam berbagai jenis konten.

Tujuan Mesin Pencari Untuk Manusia

Apakah anda tahu jika kita dalam melakukan pencarian memiliki pola perilaku dalam melakukan pencarian?

Terutama pada penulisan kata kunci.

Seperti di atas, saya akan menampilkan dengan tabel saja agar anda lebih ringkas untuk membacanya
Lihat tabel di bawah ini:
1 kata
25,8%
2 kata
22,8%
3 kata
18,7%
4 kata
13,2%
5+kata
19,5%
Data diambil dari buku The Art of SEO dengan refrensi dari comScore. Data tahun 2014

Data di atas saya buat untuk menjadi pembukaan untuk menjelaskan tentang tujuan kemanusiaan yang ada pada mesin pencarian.

Telah saya tuliskan di atas, kita sebagai pengguna memiliki perilaku berpola yang sangat diperhatikan oleh mesin pencari, mayoritas kita sebagai pengguna ingin sekali dengan minimum usaha mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Mesin pencari selama beberapa tahun terakhir ini mencoba menjawab keinginan manusia untuk mendapatkan hasil yang maksimal meski dengan usaha pengetikan yang minimum sekali pun.

Nah, pada pengertian ini lah SEO berangkat untuk membuat mesin pencarian memprioritaskan blog atau website kepada pengguna.

Sebagai catatan penting, seorang praktisi SEO sebaiknya mengetahui kondisi psikologis mayoritas masyarakat yang ditarget.

Dengan tujuan memberikan informasi yang relevan dan tepat kepada pengguna anda, jika anda ingin meningkatkan peringkat blog, anda harus menyediakan kedua hal (konten relevan dan tepat) tersebut.

Dan ketika anda dapat memasuki pasar konsumen pengguna mesin pencari dengan perilaku pengetikan kueri 1 atau 2 kata, setidaknya anda dapat menguasai hampir 50% target audience anda.

Oke, selanjutnya mari mengetahui manfaat dari mesin pencari.

Manfaat Mesin Pencari

Mungkin beberapa dari anda mengira mesin pencari bermanfaat hanya untuk pengguna saja, sesungguhnya tidak hanya itu.

Ada pihak-pihak lain yang diuntungkan dengan adanya mesin pencari selain kita semua sebagai pengguna, pihak mana kah yang mendapatkan manfaat?
  1. Pengguna
  2. Bisnis lokal/nasional/internasional
  3. Praktisi SEO
  4. Perusahaan Mesin Pencari

Kalo dilihat dari pihak-pihak yang diuntungkan, entitas bisnis mesin pencari memiliki entitas yang sangat baik, tidak hanya satu atau dua pihak saja yang diuntungkan tetapi hingga empat, atau mungkin lebih karena saya tidak menuliskannya.

Tapi, sebenarnya manfaat apa sih yang didapat?

  • Pengguna, pengguna dapat informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan relevan tanpa harus repot mensortir website satu per satu untuk dijadikan mencari informasi.
  • Pelaku Bisnis, dapat mendapatkan promosi yang lebih mudah dan murah dibandingkan harus beriklan secara terus menerus, karena ketika dipadukan dengan SEO bisnis akan cepat terbantu jika kueri yang dimasukan oleh pengguna cocok dengan mereka.
  • Praktisi SEO, mendapatkan manfaat dari mesin pencari karena dengan keahliannya dia dapat menjadikan mesin pencari lebih perhatian ke website yang dia kelola, dari situ para praktisi SEO dapat menjalankan bisnis ke bisnis-bisnis yang membutuhkan jasa mereka.
  • Perusahaan Mesin Pencari, tentu saja mendapatkan keuntungan dari bisnis periklanan yang mereka tawarkan kepada bisnis-bisnis yang menginginkan kedudukan yang tinggi dimesin pencari secara instan.


Oke, artikel pertama tentang mesin pencari sampai di sini terlebih dahulu, kita akan update artikel mesin pencari tidak lama lagi dan di akhir artikel, mungkin di BAB 5 atau 6 akan kami sertakan Ebook Gratis untuk anda.

Bagi yang ingin mendapatkan Ebook #1: Blogging dapat mengunjungi halaman Ebook Gratis disini

Materi Mesin Pencari #2:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

7 Cara Ampuh Meningkatkan 200% Pendapatan Iklan Pada Blog

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Panduan Memilih Niche Blog Terbaik Untuk Pemula