Langsung ke konten utama

Cara Menentukan Judul Blog Yang Bagus dan Menarik Pengunjung


Hari ini, saya ingin membahas tentang judul blog, banyak orang yang terjun dalam dunia blogging mencoba mencari judul terbaik untuk blog mereka, tidak sedikit juga yang baru memikirkan judul sudah malas untuk memulai ngeblog.

Sebelum berlanjut kepada pembahasan, mari bicara tentang seberapa penting kah sebuah judul blog?

Jika saya tanya kepada anda seberapa pentingkah sebuah judul blog?, apakah anda dapat menjawab dengan yakin?

Oke, jika belum begitu yakin, mari saya bantu agar anda yakin untuk menemukan sebuah judul yang tepat untuk blog anda.

Kita mulai dari menjawab pertanyaan di atas.

Mungkin anda yang sudah pernah belajar komunikasi pemasaran atau strategi brand mungkin sudah paham dengan konsep inti dari penamaan.

Menemukan judul yang tepat mirip dengan konsep penamaan sebuah produk, brand, dan hal-hal lainnya yang butuh pemasaran.

Inti dari penamaan adalah menyampaikan pesan kepada pembaca, dengan maksud diingat, diperhatikan, dan pahami isi pesan dari penamaan tersebut.

Saya jelaskan dalam infografis di bawah ini:

Study case #1: tentang pesan dari sebuah penamaan

Keadaan terburuk, judul sebuah blog tidak menarik, sulit diingat dan tidak menyampaikan sebuah pesan kepada pembaca, bahkan pemiliknya bingung blog tersebut ingin dibuat isi apa.

Contoh: cara-kamoe.blogspot.com


Pemilik tersebut menentukan nama cara-kamoe, sebagai pembaca saat pertama kali melihat alamat dan judul blog tersebut tidak tahu sebenernya blog ini membahas tentang apa.

Keadaan normal, sebuah judul dapat diingat tetapi tidak menjadi spesial karena judul blog secara alaminya tidak memberikan pesan penting, tetapi secara keseluruhan positif di mata pembaca.

Contoh: buka-rahasia.blogspot.com

Nama blog ini mudah diingat karena mengandung kata-kata yang umum, tetapi tidak menyampaikan pesan spesial saat pertama kali pembaca melihatnya.

Keadaan Terbaik, sebuah judul blog dapat memberikan pesan yang kuat kepada pembaca dan menjelaskan apa yang sebenarnya ada pada blog tersebut.

Contoh: panduanim.com

Punya judul yang kuat, mudah dipahami, dan pesan dalam judul sampai saat pertama kali membaca judul tersebut.

Sekarang kita tahu judul-judul seperti apa yang bagus, biasa saja, dan buruk untuk sebuah blog, namun ada beberapa keadaan yang bisa dibilang secara teoritis itu tidak baik ternyata berhasil.

Seperti membuat judul yang keluar dari konteks blog karena untuk membedakan blog tersebut dengan yang lain.

Contoh:

Juragancipir.com

Blog yang membahas blogging, tetapi dalam penamaan judulnya tidak ada kata-kata yang mengandung tentang blogging.

Mengapa bisa berhasil?

Saya rasa judul blog juga sangat berkaitan erat dengan branding, jadi selain sebuah nama yang bagus, harus dibarengi dengan branding.

Mari membahas tentang masalah utamanya.

Bagaimana memilih judul blog yang sesuai untuk blog saya?


Kita klasifikasikan terlebih dahulu menurut kepentingan sebuah blog, karena akan berbeda bagaimana mencari ide untuk masing-masing jenis blog.
  • Blog pribadi
  • Blog bisnis

Mari membahas pemilihan judul satu-per-satu dari pengkategorian di atas.

Memilih judul blog pribadi yang bagus.

Mendeskripsikan Diri Pada Judul Blog

Jika anda berniat untuk membuat judul blog yang bagus, coba lah dengan jujur mendeskripsikan diri sendiri dari judul blog tersebut.

Contohnya: radityadika.com
Secara langsung anda mengenalkan kepada pembaca bahwa ini adalah blog saya, siapa kah pemilik dari blog tersebut.

Menambahkan Kata Yang Berkaitan Dengan Konten Pada Judul


Anda dapat menambahkan kata-kata dari konten apa yang nanti anda buat, seperti misalnya saya membuat blog pribadi yang membahas tentang politik, catatan-catatan dan opini politik saya tuangkan di dalam blog saya.

Saya akan membuat judul blog untuk blog pribadi saya seperti ini: opiniasykar.com atau pilihanasykar.com

Semua kemungkinan bisa kita terapkan, tinggal kita berfikir kreatif agar judul yang kita pilih dapat mendeskripsikan dengan jelas personal kita.

Menempatkan Kata Yang Unik dan Kreatif Pada Judul Blog


Saya tidak memungkiri untuk menemukan nama kreatif untuk blog itu adalah hal yang sulit.
Sedikit tips agar anda dapat menemukan judul blog yang kreatif agar judul blog anda berbeda dari pada yang lain, yaitu ...

Berfikir “out of the box”

Mungkin anda sering menemukan tulisan yang menyarankan atau memberikan masukan untuk berfikir “out of the box”, namun sebagai pembaca kita tidak tahu berfikir out of the box itu seperti apa.

Berfikir out of the box adalah cara berfikir yang tidak dikira oleh kebanyakan orang pada kondisi tertentu, jadi ketika anda ingin menemukan judul blog personal yang kreatif dan unik coba lah untuk berfikir ke hal-hal yang tidak difikirkan banyak orang.

Seperti memikirkan hal-hal detail, tidak banyak orang memikirkan suatu hal secara detail, lebih banyak yang mencari cara praktis.

Contoh, saya mau membuat blog tentang perjalanan saya ke luar negri, biasanya orang akan membuat judul yang berhubungan dengan travelling, tapi saya mungkin akan membuat judul blog: teleportasigue.com
Kembali kepada pilihan opsional, seberapa jauh dan seberapa efektifkah nanti judul blog anda ketika berfikir secara “out of the box”?

Judul blog kontroversi atau bertentangan

Kita bisa menggunakan hal-hal yang bertentangan dengan konten yang nantinya kita buat untuk judul blog.

Ini agar orang yang membacanya tertarik dan penasaran.

“kok judul blognya begini isinya begini ya?”

Nah, karena pertentangan itu lah yang membuat pembaca anda semakin penasaran dengan blog anda seperti blog: http://www.shitlicious.com/

Padahal kalo anda melihat isi dari blog tersebut bermanfaat dan memberikan pandangan baru dari sisi yang berbeda.

Nah, yang terpenting setelah kita membuat judul adalah memberikan konten terbaik untuk pembaca, biar nagih untuk berkunjung kembali.

Ada aja yang punya nama blog unik dan kreatif, tetapi konten yang disediakan nol besar, hasil copy-paste dan yang paling buruk adalah tidak dibutuhkan.

Kembali lagi tentang sub-topik di atas, kontroversi bisa membuat anda cepat terkenal juga, disamping itu, ada kelebihan yang ditawarkan bukan hanya untuk membuat orang penasaran, tetapi anda juga dapat dengan mudah melihat reaksi para pembaca anda dengan cepat.

Anda juga bisa dengan cepat mengetahui, apakah konten yang anda tawarkan sudah memberikan dampak untuk pembaca atau tidak, karena biasanya judul-judul blog yang kontroversi lebih cepat mendapatkan komentar .

Jika anda masih belum menemukan Judul Blog yang tepat, coba lah anda melihat kamus atau generator judul blog

Anda bisa mencarinya dengan :

Judul Blog Yang Bagus Untuk Bisnis

Rata-rata Blogger sekarang banyak yang membuat blog dengan tujuan sebagai passive income, dengan mendaftarkan blog mereka di program periklanan, affiliasi, dan media pemasaran buku mereka.

Tapi, itu bukan hal simpel, terutama dalam persaingan yang sedang dimasuki.

Karena berarti pesaingnya itu sangat serius untuk mendapatkan popularitas, mungkin mereka sudah menggunakan teknik-teknik online marketing dan SEO pada blog mereka.

Nah, bagi kita yang pemula, bagaimana menjadikan judul blog sebagai keunggulan kompetitif?

Memang ribet jika ditujukan untuk bisnis, memang perlu perencanaan dan strategi yang matang.

Sebelum itu, coba untuk menghindari hal ini:

Hindari Domain Yang Tidak Dipercaya

Gini, mungkin ada satu kondisi ketika para pembaca anda baca langsung bingung dan tidak tertarik karena judul blog tidak menarik.

Salah satu yang tidak membuat orang tertarik untuk melihat blog bisnis anda karena masih pake blogspot atau wordpress.

Mungkin beberapa orang akan berfikir, “masa untuk beli domain saja tidak mampu?” nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik anda menggunakan domain-domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org, .co, dsb yang sangat familiar di benak orang-orang.

Kembali lagi ke pembahasan konsep, ada baiknya anda memikirkan dengan benar masalah judul blog untuk bisnis.

Tapi bagaimana membuat judul yang baik untuk blog bisnis?

Saya ada tips agar judul blog anda dapat membangun brand di tengah-tengah pembaca anda nantinya, silahkan disimak:

Buat Judul Dapat Dimengerti Semua Orang

Judul blog coba dibuat agar bisa dimaknai dan dimengerti oleh semua pembaca anda, entah siapa yang membaca, dimana dan kapan mereka membaca, yang berarti dalam judul blog mengandung kata-kata yang biasa didengar oleh banyak orang.

Buat Judul Blog Yang Menggambarkan Blog

Judul blog coba untuk dibuat menggambarkan keseluruhan bisnis anda, maka dari itu dalam konsep di atas, setidaknya blog anda menggambarkan niche apa yang anda geluti, seperti niche kerajinan tangan yang biasanya yang menggunakan kata “craft” untuk blog mereka, atau tekno untuk menggambarkan blog tentang teknologi.

Buat Judul Blog Yang Mengandung Emosi

Usahakan juga judul blog kamu membawa salah satu emosi, seperti oketekno, yang menggambarkan emosi suka pada teknologi.

Sebelum itu, coba dengan tepat anda melihat target audience (pembaca), Niche Blog (fokus bidang blog), dan bagaimana anda menyajikan blog ke depannya.

Mungkin anda bingung saat ini, bagaimana bisa mencocokan audience, niche blog, perkembangan blog ke depan dengan judul blog.

Silahkan untuk mengunjungi halaman bantuan untuk menentukan semua hal itu disini:

Terakhir, judul blog yang tidak dibarengi dengan konten yang bagus dan memiliki ciri khas, sulit untuk berkembang, maka dari itu judul blog mungkin penting, namun yang lebih penting untuk diperhatikan adalah konten yang anda sampaikan.

Perjalanan untuk mendapatkan popularitas dalam blogging tidak lah semudah dan segampang untuk membalikan sebelah tangan, salah satu proses menemukan judul blog ini yang saya rasa adalah proses yang lumayan dilema.

Bisa-bisa salah menentukan judul blog, blog sulit diingat dan sulit berkembang.

Komentar

  1. Boleh terus terang. Tulisannya sih enak dibaca. Tetapi, ide dasarnya sama dengan yang sudah banyak beredar. Terkesan juga gayanya berdasar pada pola pemikiran ala PnaduanIM. Tidak ada terobosan-terobosan yang berani dan semuanya mirip. Bisa dikata mendekati re-write tanpa ada hal-hal baru ..

    Apakah memang hal itu sudah memuaskan mas? Tidak ada kah sesuatu yang baru di dunia blogging Indonesia dalam hal tutorial blogging? Sehingga bahan yang dijadikan tulisan kok kesannya semuanya sama.

    Soalnya kalau saya baca di blog-blog tentang tutorial blogging atau writing di luar negeri,terasa sekali bedanya. Kalau yang disana terlihat hidup dan berkembang, sedangkan yang di Indonesia terkesan statis.

    Cuma pengulangan ide-ide lalu dan dikemas dalam tulisan yang berbeda saja.

    Entahlah, mungkin saya berharap terlalu banyak kepada para pakar blogger.. Mungkin juga dunia blogging itu sendiri sebenarnya tidak berkembang? Entahlah. Cuma heran saja kenapa bahasan tutorial blogging Indonesia sepertinya hanya berkutat di hal-hal seperti ini saja.

    Eh jadi curcol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah om anton dateng lagi :)

      gini om, apakah menulis seperti ini sudah memuaskan saya? secara jujur belum, karena setidaknya saya belum menemukan cara terbaik memberikan kepuasan kepada pengunjung, om juga bilang sendiri, seperti rewrite dan gaya penulisan seperti panduanim. it's okay, tapi kalo saya rewrite dari sana enggak, cuma mungkin saya punya kesamaan pengalaman saja om, dan panduanim itu yang membuat saya berfikir untuk tidak melanjutkan lagi praktik-praktik ternak blog wallpaper dll lah.

      malah saya juga ikut curhat wkwkwk

      setelah itu saya coba cari sumber-sumber lain lagi, seperti backlinko, SEJ, Moz, hubspot, dan lainnya dan coba dipraktek-an, dan melihat hasil yang bagus praktik yang mana.

      mengapa tutorial blogging semuanya sama? karena cara pikir blogger dan pembacanya itu punya pemikiran yang sama om, gini semua tools gratis atau pun berbayar menampilkan data kalo orang indonesia nyari ya tentang itu-itu aja, gak unpredictable, gak nyari hal-hal rinci, gak nyari sesuatu yang memang fundamental, biasanya nyari cara mudah, cara cepat, atau "gimana sih? ... ,,,, ,,,,".

      artinya orang indo dalam mencari tutorial blogging mencari hal praktis, jadi kebanyakan blogger menulis berdasarkan itu, tapi kayaknya saya mencoba keluar dari ekosistem seperti itu, kan jarang orang membahas secara rinci faktor mesin pencari sebagai pendukung blog, apa perannya, kueri pada mesin pencari, data structured untuk blog.

      dan penulisan saya tergantung mood om hehe, kalo mood bagus ya saya jabarkan semua sampe detail, kalo enggak mood, kadang cuma 1000 kata aja om, dan itu juga yang kadang membuat saya tidak puas, sering kok saya itu modifikasi postingan blog hanya karena tidak puas dan gak enak dibaca atau kurang ide di dalamnya.

      eh tapi makasih banyak om, untuk masukan yang membangun, saya nanti coba mencari sisi baru lagi dalam penulisan dan penyampaian ide om

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

7 Cara Ampuh Meningkatkan 200% Pendapatan Iklan Pada Blog

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Panduan Memilih Niche Blog Terbaik Untuk Pemula