Langsung ke konten utama

Cara Kerja Mesin Pencarian (Indexing, Crawling, dan Ranking)


artikel kali ini membahas tentang aktivitas mesin pencarian khusus pada crawling, indexing, dan ranking

Ini artikel kedua saya tentang mesin pencari, beberapa orang mungkin menyebutnya mesin penelusur, tapi saya yakin semuanya memiliki maksud yang sama yaitu website dengan program komputer untuk menghasilkan hasil pencarian dokumen-dokumen online berupa halaman, video, gambar, dan berbagai macam hal lainnya.

Sebelumnya, kita telah membahas tentang pengertian, tujuan, dan manfaat mesin pencarian, mari kita bicara dengan hal yang lebih serius lagi, yaitu tentang cara kerja mesin pencarian.

Seperti yang kita tahu sebagai blogger, mesin pencarian sangat bermanfaat agar blog kita dikunjungi oleh banyak orang, tetapi sebagai praktisi SEO (Search engine optimization, yang seterusnya akan disingkat SEO) mesin pencarian bisa menjadi tempat yang sangat-sangat menguntungkan, tidak hanya pada segi banyaknya pengunjung.

Pada bahasan kali ini mungkin akan sedikit membahas tentang SEO dan keterkaitannya dengan mesin pencari.

Penasaran? .... kalo enggak, juga tidak apa-apa

Oke, mungkin saya akan memulai dari 3 aktivitas yang sangat familiar pada mesin pencari
  1. Crawling
  2. Indexing
  3. Ranking

Apa sih sebenarnya ketiga istilah diatas?

Crawling

crawling adalah aktivitas sebuah mesin pencari untuk melihat dan menelusuri semua halaman yang dipublish oleh webmaster di dalam websitenya dengan mengikuti link-link yang tertaut dimulai dengan page seed yang paling penting.

Biasanya setiap mesin pencari memiiki robot atau spider (Google) tersendiri untuk melakukan crawling kepada halaman-halaman website atau blog dan didaftarkan atau tidak didaftarkan pada webmaster mereka.

Crawling menjadi aktivitas yang sangat penting tidak hanya untuk mesin pencari tetapi juga untuk para webmaster, karena dengan adanya crawling. Setidaknya halaman sudah dikenali oleh mesin pencari.
bagaimana mesin mencrawl sebuah halaman yang nantinya akan mengikuti setiap link yang tersedia pada dokumen online tersebut sehingga semuanya tercrawl
Anda dapat melihat ilustrasi di atas, setiap link-link yang saya tandai itu akan di-crawl oleh mesin pencari.

Seperti yang saya utarakan di atas, aktivitas ini sangat penting agar blog kita terindex dan diranking dengan baik oleh mesin pencari.

*note: mesin pencari memulai aktivitas crawling dimulai dari page seed atau halaman yang paling terpercaya, lalu diikuti dengan halaman-halaman yang ada di link-link tersebut, dan seterusnya.
Apakah itu berpengaruh?

Iya, itu berpengaruh untuk mesin pencari, karena itu berpengaruh bagaimana mesin pencari melihat halaman online anda.

Yang paling biasa dilakukan oleh para blogger dan webmaster kebanyakan, mereka akan mendaftarkan webmaster tool dimulai dari halaman utama mereka, seperti www.blogger.com
Nanti kita akan membahasnya lebih lanjut pada indexing.

Lebih lanjut, mari kita simak video dari Google sendiri sebagai mesin pencarian yang paling banyak digunakan di bawah ini:



mungkin beberapa blogger menggunakan fitur fetch as pada webmaster Google untuk mempercepat proses crawling dan indexing.

Tetapi, itu tidak berlaku untuk proses ranking, karena akan berbeda hasilnya untuk proses ranking.
Kita akan bahas nanti pada proses ranking.
menggunakan fetch as google tidak membantu menaikan ranking sebuah blog, hanya membantu untuk mengcrawl dan mengindex

Oke, saya harap anda bisa memahami aktivitas crawling mesin pencarian

Selanjutnya kita akan membahas tentang indexing pada mesin pencarian.

Indexing

Indexing adalah aktivitas mesin penelusuran dalam menyajikan katalog berisikan daftar-daftar halaman online yang berhubungan dengan website atau blog berurutan sesuai dengan seberapa pentingnya halaman tersebut.

Satu konsep dalam membangun kepercayaan mesin pencarian dalam pengindexan adalah dengan memutuskan halaman mana yang harus di-crawl terlebih dahulu.

Saya menyarankan anda untuk mencari halaman yang paling banyak memiliki nilai kepercayaan yang tinggi.

Mungkin beberapa dari anda akan bertanya, halaman mana kah yang paling dipercaya?

Saya sudah menyebutkan di atas, pada umumnya halaman utama lah memiliki trust seed terbaik, tetapi tidak semuanya seperti itu.

Secara bebas anda bisa memilih halaman mana saja yang dapat dijadikan permulaan dalam crawling, tetapi coba untuk memikirkan dengan baik halaman mana yang memiliki trust seed terbaik.

Mungkin bahasan tentang kepercayaan sebuah halaman akan saya bahas pada algoritma mesin pencarian, karena akan panjang untuk disatukan dengan bahasan indexing.

Selanjutnya, mari kita membahas tentang ranking

Ranking

Ranking adalah aktivitas mesin pencarian dalam menyajikan daftar list kepada pengguna atau pencari setelah menuliskan kata, frasa, atau kalimat pada kotak yang tersedia pada mesin pencarian, kegiatan ini juga meliputi penentuan halaman mana yang memiliki posisi tertinggi dan diurutkan berdasarkan algoritma yang ada.

Mungkin sebagai pemiliki website atau blog, kita akan lebih banyak fokus dengan ranking, bagaimana blog dapat memasuki halaman satu Google, atau bagaimana blog dapat menduduki posisi satu.

Padahal dalam aktivitas ini seharusnya didahului dengan crawling dan indexing, kedua aktivitas tersebut penting agar dapat posisi yang tinggi.

Kita mulai dengan masalah pengetikan kata, frasa, dan kalimat pada kotak yang tersedia pada mesin pencari.
mesin meranking sebuah halaman berdasarkan relevansi dan algorithma dimulai dengan pengguna yang mengetik di kotak mesin pencarian

dari proses pengetikan pertama itu lah mesin pencari mencoba untuk memberikan hasil terbaik, ketika pengguna telah meng-enter sebuah kata kunci pada kotak tersebut, maka mesin pencari akan secepat mungkin memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna.

Konsep utamanya adalah mencocokan sebuah kata kunci dengan halaman-halaman yang telah terindex, dan menampilkannya sebagai hasil dari penelusuran.

Tetapi, sekali lagi sebagai catatan, banyak sekali yang harus anda ketahui untuk mendapatkan peringkat tertinggi, anda perlu mengetahui apa itu SEO, SEM, dan SXO.

Saya sudah jelaskan di atas, cara kerja mesin pencarian pada bahasan kali ini sangat berkaitan dengan masalah SEO, karena sangat berkaitan erat dasar praktek SEO.

Oke mari kita lanjut.

Tadi saya menunda pembahasan tentang fetch as Google dalam ranking, kan?

Saya akan menjawab pengaruh fetch as Google pada ranking, selama saya melakukan aktivitas SEO dan Blogging, fetch as Google tidak berpengaruh kepada ranking.

Kecuali, halaman tersebut adalah halaman lama yang diperbaharui, dan itu pastinya dapat berpengaruh dengan catatan, ada pembaharuan dari segi konten dan isinya.

Kemudian, fetch as Google akan berpengaruh jika sebuah halaman pada dasarnya memiliki syarat-syarat terbaik untuk menduduki peringkat tertinggi, seperti backlink, kualitas konten, dan praktek SEO lainnya.

Tetapi, secara umum fetch as Google hanya membantu di segi crawling dan indexing, sedangkan ranking ditentukan oleh kueri dan algoritma mesin pencari dalam menentukan posisi sebuah halaman yang telah diindex sebelumnya.

Sekarang kita bahas sedikit tentang bagaimana mesin pencari melihat blog atau website anda.

Bagaimana Google Melihat Sebuah Halaman Blog/website?

Mungkin beberapa kita berfikir, bahwa mesin pencari melihat suatu halaman layaknya seseorang yang membaca, tetapi tidak demikian, mesin pencari melihat halaman blog atau website dengan melihat kode-kode HTML halaman tersebut.

Lalu, setelah itu dari setiap link-link yang tertanam pada suatu dokumen HTML di crawl juga dan dimasukan pada satu database (Indexing).
mesin pencari tidak melihat halaman seperti manusia tetapi melihat dengan merayapi halaman dengan melihat HTML
Mesin pencari tidak melihat halaman anda seperti gambar di atas, tetapi melihat halaman anda seperti gambar di bawah ini.
mesin pencari melihat halaman berdasarkan HTML yang dibuat oleh pemilik blog atau website

Jadi, jika anda melihat di penelusuran, hasil dari penelusuran selalu melihat dari HTML yang ada, coba anda perhatikan gambar di bawah ini
studi kasus yang dilakukan ke kata kunci kompas menunjukan HTML berpengaruh pada snippet deskripsi hasil penelusuran mesin pencari

deskripsi yang dihasilkan dari halaman kompas sama persis seperti yang ada di mesin pencarian mau pun dokumen HTML nya

Ada meta deskripsi yang dituliskan pada dokumen HTML halaman kompas.com, dan apa yang dituliskan menjadi deskripsi yang ditampilkan oleh mesin pencarian.

Dari sini, kita mengetahui, bahwa setiap kita melakukan posting sebuah artikel, file, dokumen, dan sebagainya, perlu mengatur dengan tepat deskripsi, judul, dan sebagainya yang berhubungan dengan hasil penelusuran.

Saya kira sekian untuk artikel kali ini, saya harap anda dapat memahami dan merasakan manfaat dari artikel ini, saya akan lanjutkan nanti pembahasan tentang mesin pencarian, mungkin untuk pembahasan berikutnya akan membahas tentang kueri pengetikan.


Komentar

  1. Heheh bermanfaat sekali untuk pemula seperti saya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas, alhamdulillah bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan, salam blogger mas :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

7 Cara Ampuh Meningkatkan 200% Pendapatan Iklan Pada Blog

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Panduan Memilih Niche Blog Terbaik Untuk Pemula