Langsung ke konten utama

16 Cara Paling Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog (Organik Traffic)

cara meningkatkan visitor blog

Apakah saat ini anda membuat blog yang memiliki pengunjung yang sedikit? Jika iya, berarti sebenarnya anda belum mengerti tentang cara kerja blog sebenarnya.

Sebelum kita berlanjut kepada pembahasan tentang cara meningkatkan trafik blog, ada baiknya anda mengetahui penyebab-penyebab yang membuat blog anda sepi.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Umur Blog Yang Masih Baru

Layaknya manusia, blog juga memiliki masa pertumbuhan, saya jamin di dunia saat ini, tidak ada yang memiliki blog yang tiba-tiba memiliki trafik yang tinggi ketika pertama kali dibuat.

Kecuali, anda mempromosikan melalui iklan-iklan berbayar, saya jamin blog anda langsung banyak pengunjung.

Blog yang baru tidak langsung terindex di Google, Yahoo, Bing, Yandex, atau GoDuckDuck, perlu waktu juga untuk mesin pencari menemukan blog anda.

Konten Tidak Berkualitas

Ciri-ciri dari konten tidak berkualitas adalah konten yang tidak bermanfaat untuk pengunjung, contohnya adalah curhatan kita.

Kalo saya jadi pengunjung anda, membaca curhatan anda yang di dalamnya tidak ada manfaat mending saya cari artikel lain yang bisa membuat waktu saya lebih berharga.

Jangan jadi kayak artis, memang kamu Raditya Dika, Syahrini, atau Afgan, yang sekali memberikan curhat langsung ditanggapi dan dicari.

Lebih baik kamu membuat konten atau artikel yang sangat bermanfaat sekaligus informatif untuk pembaca.

Karena rata-rata pengguna mesin pencari itu lebih banyak mencari informasi dan cara mengatasi masalah mereka.

Contoh aja anda saat ini yang sedang mencari cara untuk meningkatkan pengunjung blog.

Di lain sisi, cara penulisan juga harus di perhatikan karena itu sangat berpengaruh kepada pembaca anda, jika alur tulisan tidak baik, atau menulis tidak bisa memuaskan pengunjung, saya yakin semakin lama blog anda akan menipis lalu lintasnya.

Contoh salah satu blog saya yang menulis asal saja.

artikel blog menurun karena penulisan

Silahkan baca cara menulis konten yang mudah dipahami oleh pengunjung:  8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

Tidak Riset Kata Kunci

Ngeblog juga ada aturan mainnya, jadi ketika anda membuat konten atau artikel di blog, anda juga harus meriset kata kunci.

Berfikirlah kata kunci yang memang sering dicari oleh orang, misalnya saya membuat artikel tentang “menulis artikel yang berkualitas” tapi dalam penulisan tersebut, saya tidak memuat kata kunci yang sering dicari.

Jadinya sudah pasti sepi pengunjung, kata kunci diperlukan agar mesin pencari bisa mengetahui dengan jelas maksud artikel anda.

Selain mesin pencari melihat dari kode HTML yang dituliskan, mereka juga mencari kata-per-kata dalam artikel kita, jadi blog kita bisa dengan tepat dicocokan dengan pengguna.

Tetapi, riset kata kunci itu tidak mudah, terkadang saya juga tidak bisa menentukan kata kunci yang tepat, karena:

  1. Kata kunci terlalu berat saingannya.
  2. Kata kunci tidak punya lalu lintas pencarian yang tinggi.
  3. Kata kunci yang ditemukan tidak bisa saya tulis karena minim pengetahuan.
  4. Kata kunci bersifat umum.

Kata kunci yang saingannya berat adalah, kata kunci yang di mesin pencarian didominasi oleh situs-situs besar, jika di dalam pencarian ada situs yang memiliki autority site, atau situs yang dipercaya sebagai situs rujukan, maka sudah pasti kalah di backlink.

Kata kunci yang tidak punya lalu lintas tinggi adalah kata kunci yang jumlah pencarian hariannya sangat rendah, misalnya kata kunci seperti di bawah ini:

mencari keyword yang banyak pencariannya

Kata kunci di atas memiliki jumlah pencarian yang sedikit, berkisar 10-100 perbulan, kalo dirata-ratakan dalam sehari, Cuma 0,3-3 orang yang mencari artikel dengan kata kunci tersebut.

Kalo 0,3-3 orang tersebut menklik blog anda, mungkin setiap dapat kunjungan 1-3 orang.

Kata kunci yang tidak anda miliki pengetahuannya juga jangan anda tulis, karena anda akan kesulitan untuk menulis artikel, bisa-bisa anda comot sana dan comot sini.

Sebaiknya, ketika membuat blog dan artikel itu disesuaikan dengan kemampuan, kalo kemampuan kamu di dunia blogging, silahkan tulis artikel tentang blogging.

Nanti, kalo anda tidak memiliki pengetahuan yang memadai selain kesulitan untuk menulis artikel, biasanya blog akan mogok, alias gak update-update.

Terakhir, kata kunci yang sangat umum, seperti kata kunci membuat blog, kata kunci itu masih pendek dan perlu spesifikasi lebih lanjut.

Kalo kata master-master SEO, riset kata kunci itu bertujuan untuk mendapatkan long tail keyword, apa itu long tail keyword? Long tail keyword adalah keyword turunan yang memang sudah spesifik dan tepat dalam bidikan, contohnya kata kunci “membuat blog pribadi gratis”.

Long tail keyword tidak melulu harus sampai tiga kata lebih, dua kata juga bisa, asal memang sudah pakem untuk dijadikan keyword.


Tidak Ada Refrensi Dalam Artikel

Banyak master blog tidak menyarankan untuk melakukan external linking, atau penautan kepada blog lain, saya kira itu tidak relevan, karena dalam menulis artikel pada umumnya, anda perlu refrensi, begitu juga dengan blog.

Melakukan penautan ke situs lain tidak memperburuk kualitas blog anda, selagi tautan yang anda berikan memang benar-benar informatif.

Kalo mau saya kasih contoh itu banyak, seperti wikipedia, penautan ke situs lain sudah menjadi makanan yang harus dilahap.

Yang memang harus dihindari adalah menautkan ke situs yang menyalahi aturan dan tidak berkualitas.

Ketika anda menautkan ke situs yang tidak berkualitas, blog anda memang akan berimbas buruk, nilai kepercayaan mesin pencarian untuk merekomendasikan blog anda juga akan menurun.

Jadi, cobalah agar mencari refrensi yang sesuai untuk artikel anda sehingga para pengunjung juga dapat merasakan manfaat yang lebih banyak lagi.

Tidak Bisa Dijelajahi Mesin Telusur

Pastikan blog anda dapat dirayapi oleh mesin telusur, mayoritas pembaca datang dari mesin penelusuran.

Jika blog anda saja tidak diindeks oleh mesin telusur, bagaimana caranya anda bisa mendapatkan lalu lintas yang besar?.

Jika anda pengguna blogger, anda bisa mengecek di bagian pengaturan

mengaktifkan fungsi penemuan di mesin pencarian pada blogger

Lihat pada bagian privasi, jika anda menonaktifkan “biarkan mesin pencari menemukan blog anda”, segera untuk diaktifkan.

Artikel Masih Sedikit

Ini salah satu alasan jelas mengapa trafik blog anda rendah, konten masih sedikit mau trafik besar kan tidak masuk akal.

Kecuali, memang anda menulis suatu topik dan itu viral, kalo anda coba melihat ke blog-blog yang sudah besar pasti mereka punya artikel yang tidak sedikit.

Tetapi, ada juga  yang punya artikel cuma 30 buah tapi punya lalu lintas kunjungan yang besar karena kontennya memang lengkap.

Sering-sering lah membuat artikel agar blog kamu itu kaya dengan konten, atau kamu buat artikel tapi berkualitas, lengkap, dan mendalam.

Contoh saja, pada awal mula saya buat blog ini, lalu lintas kunjungan ke blog saya masih kisaran 10-20 orang perhari pada waktu masih 10-15 hari pembuatan blog, namun lama-kelamaan karena konten saya sering update, disitu juga lalu lintas semakin meningkat.

Agar anda tidak malas untuk mengupdate artikel sebaiknya anda:
  1. Membuat target posting artikel
  2. Merencanakan topik artikel yang mau dibuat jauh-jauh hari
  3. Miliki motivasi saat membangun blog
  4. Jangan bertujuan karena uang
  5. Jadikan blog sebagai passion

Jadi, coba lah anda berfikir, seperti nelayan:
semakin banyak jaring yang disebar, semakin banyak juga ikan yang didapat

Menulis Artikel Tanpa SEO

Saya kira SEO juga penting, apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia adalah optimasi mesin pencarian, jadi kita menulis agar mesin pencarian itu lebih mudah mengenali artikel atau blog yang kita buat.


Di sana tidak hanya menjelaskan penulisan dengan SEO jadul, yaitu SEO yang hanya menulis menurut mesin bagus, tetapi juga menulis dengan berdasarkan user experience. Karena SEO era Modern mengacu kepada Algorithma Google yang lebih mementingkan user experience.

Tidak Pernah Dipromosikan Di berbagai Platform Media Sosial

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula adalah tidak pernah mempromosikan konten mereka.

Itu adalah alasan yang logis dan salah penyebab yang membuat blog anda tidak kunjung ramai pengunjung.

Anda hanya menulis lalu tanpa dibagikan ke pembaca anda, lalu bagaimana pembaca dapat menemukan artikel bermanfaat dari blog anda?

Mengandalkan mesin pencari secara keseluruhan agar mendapatkan pengunjung itu sangat lama, anda perlu menunggu dengan sabar, jika memang blog kamu sangat bermanfaat maka mesin pencari dengan suka rela menempatkan blog anda di halaman satu, tapi jika tidak demikian, sudah lah tamat blog anda, alias tidak memiliki pengunjung yang banyak.

Selain itu, ternyata media sosial sekarang menjadi salah satu signal blog anda dinilai baik, semakin banyak yang merujuk blog anda di sosial media, semakin baik juga blog kamu.

Apakah saya bisa membuktikan tersebut?

Oke, coba video dari Matt Cuts berikut:



Yang Menjadi Catatan adalah kualitas dari link yang ditautkan, bukan berapa banyak, Mesin Pencari (Khususnya Google) melihat bagaimana pembaca anda membagikan link dari blog anda.

Kualitas dari link harus diberikan dengan deskripsi yang tepat, seperti misal pembaca anda memberikan link blog anda saat bahasan yang bicarakan bukan sesuai topik blog anda, itu tidak akan membantu memberikan signal yang bagus untuk Google.

Nah bagaimana mempromosikan blog anda?
  1. Buatlah halaman facebook untuk blog anda
  2. Minta bantuan kerabat untuk menilai postingan blog anda
  3. Aktif di grup-grup yang sesuai dengan tema blog anda
  4. Rajin memberikan saran di komunitas yang cocok dengan tema blog anda
  5. Rajin untuk blog walking dan memberikan komentar postif di blog orang lain.
  6. Jalin komunikasi dengan blogger lain, apalagi yang sudah sukses.
  7. Jangan lakukan spaming, atau tidak tau tempat untuk promosi.

Saya sering prihatin melihat blogger pemula yang brutal dalam promosi blog mereka, asal anda tahu, itu mengganggu dan akan menurunkan reputasi blog.

Bukan hanya menurunkan reputasi tapi orang tidak menginginkan blog anda ada, jadinya bukan mendapatkan kunjungan malahan yang ada didiamkan.

Dan, saat ini facebook juga mempunyai algorithma yang menganggap suatu link itu sebagai spam, jadi tidak ada untungnya melakukan promosi secara berutal.

Lebih baik bayar iklan di facebook, dari pada anda spaming, karena lebih terjamin untuk meningkatkan jumlah kunjungan blog anda.

Blog Hanya Berupa Tulisan

Coba kita sedikit melihat di mesin pencarian, blog seperti apa yang masuk di halaman pertama

studi kasus pengaruh gambar terhadap peringkat google
studi kasus kedua pengaruh gambar terhadap peringkat google


Dari 2 kasus di atas, yang menduduki posisi satu, semuanya menyertakan materi lain berupa gambar, kata-kata kunci populer biasanya sudah memiliki persaingan yang ketat.

Jadi, jika kita hanya menyajikan artikel yang hanya ada tulisan saja sudah barang tentu tergeser oleh blog yang memiliki konten yang lengkap dengan ilustrasi.

Terkadang, blogger pemula itu malasnya tidak ketulungan, mencari gambar saja kadang masih asal comot, akibat blog asal comot gambar, blog dianggap melakukan pencurian karya dan memiliki reputasi buruk.

Padahal, banyak situs yang sudah menyediakan foto gratis lisensi seperti:

Pixabay dan Pexels.

Tinggal diambil saja dan buat deskripsi untuk ilustrasi di blog, di tambah sebenarnya ada youtube yang memang gratis dari produk Google.

Tinggal cari video yang memang berkaitan dan bermanfaat untuk pembaca.

Jangan takut untuk menautkan link bermanfaat dari luar termasuk embed video dari youtube

Blog Tidak Didaftarkan ke Webmaster Tools

Jika anda ingin mendapatkan lalu lintas blog yang besar dengan cepat dari mesin pencarian, submit blog anda di webmaster tools.

Webmaster tools yang terkenal ada 3:

Karena pada umumnya pengguna mencari artikel dan informasi dari ketiga mesin pencarian tersebut.

Dengan anda men-submit blog anda di webmaster, mesin pencari dengan mudah mengenali blog anda, tidak hanya blog anda yang dikenali, tetapi juga blog anda lebih diperioritaskan.

Karena blog anda sudah jelas siapa pemiliknya dan berapa artikel yang ada di blog anda dengan men-submit peta situs.

Menggunakan Teknik-Teknik Terlarang

Salah satu penyebab juga, mengapa blog anda tidak kunjung mendapatkan trafik yang besar, karena blog anda dinilai menggunakan cara-cara yang salah.

Salah satunya yang “Booming” di tahun 2015-2017 lalu adalah teknik AGC (Auto Generated Content), yang dimana pemilik blog hanya menjalankan sebuah software agar artikel cepat terisi.

Tapi, ada cara terlarang yang sangat sering dilakukan oleh blogger pemula yaitu copy-paste.

Saya sangat setuju sekali jika blog-blog yang copas itu diberikan peringkat buruk, karena mematikan inovasi dan membuat malas orang.

Membuat artikel dan konten di blog adalah hal yang sulit, karena perlu riset sana-sini, menuangkan pikiran ke dalam tulisan, membuat materi agar mudah dicerna oleh pembaca dan meruntutkan pembahasan.

Namun, dari Google sendiri memiliki penilaian yang lebih spesifik lagi untuk mengukur konten anda.

Lihat panduan webmaster selengkapnya agar anda bisa menghindari teknik-teknik yang tidak etis di mata manusia dan di mata mesin pencarian.

Langkah-Langkah Meningkatkan Trafik Blog

  1. Membuat Judul Yang Menarik Untuk Dikunjungi
  2. Membuat Konten Berkualitas
  3. Membuat Artikel SEO
  4. Melengkapi Konten Dengan Gambar, Video, dan Dokumen Pendukung (pdf, word, dan lainnya)
  5. Membangun Skema Internal Link Building
  6. Mempromosikan Blog Di Sosial Media
  7. Aktif Di Blog Orang Lain (Blog Walking)
  8. Mengikuti Komunitas Yang Sesuai Dengan Topik Blog
  9. Menggunakan Profil Asli
  10. Menyediakan Email Subcription (Email Langganan) Untuk Blog
  11. Menggunakan Template Blog Yang Ringan
  12. Backlink Blog
  13. Memasang Tombol Share di Blog
  14. Berikan Pengunjung Oleh-Oleh
  15. Update Artikel Yang Sudah Usang
  16. Jangan Menyerah

Membuat Judul Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Judul adalah permukaan dari artikel yang anda sajikan, semakin menarik untuk dibuka semakin baik juga judul blog anda.

Bagaimana membuat judul yang menarik klik?

Gunakan faktor “wow” tapi tanpa berlebihan

Contoh judul yang tepat untuk artikel blog adalah seperti ini

“11 cara terbaik mendapatkan Uang Online Yang belum Anda Ketahui”

“Membuat Artikel Blog Yang Pasti Disukai Oleh Semua Orang”

“20 Pekerjaan Terberat Dengan Gaji Paling Kecil di Dunia”

Jangan menggunakan kata-kata yang berlebihan, Contoh

“wow! Kursi Ini Bisa Terbang Sendiri”

“Kisah Memilukan Seorang Gadis, Akhirnya Bikin Nangis Banget”

Mengapa jangan berlebihan? Karena sekarang sudah banyak yang muak dengan judul-judul yang berlebihan tetapi konten tidak semenarik yang diharapkan, orang biasanya menyebutnya “click bait”

Karena para pembaca sudah bosan dan muak dengan judul-judul yang berlebihan seperti di atas, imbasnya ke Blog yang sedang meniru cara-cara seperti itu.

Lebih baik anda membuat judul yang memang relevan dengan sosial kultur kita dan sesuai kebutuhan.

Selain itu, judul juga harus informatif kepada pembaca mencakup seluruh isi sebuah artikel, judul yang tidak memuat seluruh isi artikel akan membuat artikel kehilangan peluang untuk dibaca oleh sebagian pengguna mesin pencari.

Judul yang lebih mendetail lebih menjanjikan, ada faktor psikologi yang mempengaruhi ketika nanti tampil di mesin pencarian.

Decoy effect adalah strategi marketing yang sering diterapkan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat pembeli berfikir untuk memilih.

Lebih singkatnya untuk penerapan blog, saat blog anda tidak di posisi satu, tetapi karena judul anda lengkap dan menarik, pembaca itu diberikan pilihan, pilih posisi satu yang judulnya tidak menggambarkan secara spesifik atau blog anda yang di ranking 2-3 tetapi terlihat dari judul sangat menarik dan lengkap.

Ada satu hal lagi ketika anda menulis judul artikel, yaitu jangan lupa untuk menempatkan keyword pada judul anda.

Karena seperti biasa, Google mengidentifikasi blog melalui judul, artikel, media pendukung, link, dan deskripsi yang diberikan dari blog kita.

Membuat Konten Berkualitas

Bagaimana membuat konten berkualitas?

Apakah konten berkualitas itu adalah konten panjang?

Saya rasa tidak, kualitas konten diukur dengan manfaatnya, bobot tulisan, dan kelengkapan artikel.
Konten berkualitas tidak harus panjang, seperti contohnya keyword “arti cinta”

Apakah konten tersebut harus panjang? Tidak juga, yang terpenting adalah mencakup bahasan berdasarkan keyword.

Nah, tetapi biasanya konten yang berkualitas itu biasanya panjang.

kata kunci yang tidak memerlukan artikel panjang

Jika kita sedikit melihat hasil pencarian luar negeri, biasanya artikel yang dibuat untuk masuk halaman satu itu panjang-panjang.

Ada yang membuat panjang artikel sampe 3000 kata atau bahkan lebih.

Semakin bermanfaat, semakin google memberikan ranking yang tinggi, mengapa demikian?

Selain melihat dari SEO, google ternyata melihat perilaku pengguna setelah melihat blog tersebut.

Dan bahkan google itu juga memperhatikan secara spesifik apa yang kita lakukan di internet.

Coba lihat sebentar video ini:



Itu lah mengapa saya menyarankan membuat konten berkualitas, karena perilaku pembaca blog kita akan menentukan juga seberapa tinggi posisi blog.

walaupun video tersebut sedikit menyeramkan menurut saya
kunci utama blog yang memiliki lalu lintas ramai adalah konten yang berkualitas

Membuat Artikel SEO

SEO adalah salah satu cara yang sudah lazim untuk dilakukan oleh para blogger, melakukan optimasi pada artikel untuk mesin pencarian adalah anjuran sendiri dari Google atau mesin pencari lainnya.

Karena itu membantu mesin pencarian untuk menentukan konten yang tepat untuk para pengguna mereka.

Jika membahas SEO sebetulnya ada cara optimasi yang wajib anda lakukan, pertama adalah optimasi SEO On-Page dan Off-page.

SEO On-Page adalah cara optimasi yang anda lakukan pada blog dan artikel anda.

Cara Optimasi mesin pencarian pada on-page adalah:

  1. Membuat judul yang mengandung kata kunci bidikan
  2. Artikel mengandung kata kunci
  3. Memaksimalkan peran headings (Tag H1, H2, H3 dsb) dan disisipi kata kunci pada beberapa headings
  4. Membuat tautan ke halaman blog yang bersangkutan
  5. Menggunakan “alt” pada foto yang diupload
  6. Membuat tautan keluar blog yang membahas lebih detail suatu topik pada artikel
  7. Memasang meta deskripsi pada blog maupun artikel
  8. Desain blog yang responsive untuk semua perangkat pengguna (desktop, tablet, dan mobile)
  9. Sedangkan optimasi mesin pencarian Off-Page itu adalah cara-cara kita menaikan peringkat blog dari luar.

Cara Optimasi Mesin pencarian Off-page:

  1. Mencari backlink yang berkualitas untuk merefrensikan blog
  2. Membuat blog atau artikel anda terkenal dan jadi acuan di media sosial (faktor korelasi)

Jika ada yang meragukan apakah media sosial bisa juga berpengaruh di SERP, coba simak video dibawah ini:



Seperti yang sudah saya katakan di atas, media sosial dapat menjadi faktor korelasi untuk menaikan, tetapi dengan catatan kualitas link yang dibagikan harus berkualitas.

Google melihat perilaku pengguna menautkan blog di media sosial
Saya tidak akan membahas panjang lebar disini tentang backlink, karena saya yakin tidak cukup satu artikel untuk membahas backlink.

Saya menyarankan anda untuk membaca artikel di bawah ini:

Melengkapi Konten Dengan Gambar, Video, dan Dokumen Pendukung (pdf, word, dan lainnya)

Gambar, video, dan dokumen yang disediakan pada suatu artikel tidak hanya untuk hiasan blog, jika anda berfikir mengupload konten pendukung adalah hal yang tidak perlu karena buang-buang waktu, coba anda pikir baik-baik.

google merekomendasikan gratis blog dengan gambar unik

Coba lihat hasil pencarian di atas, ada gambar yang ditautkan oleh Google dari salah satu blog, ketika kita punya gambar yang unik, dengan suka rela, raksasa mesin pencarian merekomendasikan blog tersebut.

Maka dari itu, Konten pendukung ternyata juga menjadi kriteria SEO yang disaran oleh Google, semakin kaya suatu konten maka semakin besar juga kesempatan untuk menduduki halaman pertama.
Di lain sisi, blog yang memiliki konten pendukung lebih memuaskan pengunjung.

Coba anda jawab sendiri, jika blog saya hanya berisi teks apakah anda nyaman untuk membaca artikel saya?

saya juga ingin membuat pembaca saya nyaman dengan blog saya, maka dari itu saya menyertakan gambar dan video untuk mendukung konten.

Nah, seperti pada langkah membuat artikel SEO sebelumnya, anda perlu menambahkan alt, deskripsi, dan judul pada foto.

Dan juga menambahkan deskripsi untuk video yang anda embed.

Membangun Skema Internal Link Building

Salah satu yang sering tidak dilakukan oleh blogger pemula adalah menautkan link ke halaman-halaman terdahulu.

Padahal mesin-mesin pencari mencoba mengikuti setiap link yang ditautkan oleh kita, semakin sering suatu halaman ditautkan maka semakin sering juga bot crawler mengunjungi halaman tersebut.

Keuntungan suatu halaman dicrawl adalah:
  1. Semakin mudah bot memahami halaman
  2. Meningkatkan jumlah view, karena bisa saja pengunjung melihat suatu artikel karena kita rekomendasikan dari halaman lain.

Saya tidak akan mendikte anda cara membuat link building, namun ada baiknya anda menggunakan skema piramida untuk membangun internal link building.

Semakin tua halaman, semakin banyak link yang merujuknya.

Mempromosikan Blog Di Sosial Media

Dulu saya sering bertanya juga cara meningkatkan pengunjung blog, tapi saya ditanya balik “udah pernah dipromosikan belum?”

Dari situ saya menyadari kesalahan saya saat membangun blog, yaitu tidak dipromosikan.
Rutinitas dulu hanya, buat artikel, posting artikel terus saya tinggal.

Padahal media sosial adalah salah satu tempat untuk viral dan yang terpenting dari sosial media adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan promosi gratis.

contoh saja

potensi viral di media sosial

141rb di bagikan, banyak banget itu

Coba kalo dipikir-pikir, ada 100 orang yang membagikan kiriman dan rata-rata teman dari setiap orang tersebut ada 1000 orang, dan hanya ada 1% yang mau melihat konten anda, kira-kira berapa orang yang melihat blog anda?

1000 orang, gratis tanpa biaya.

Namun, media masih memiliki kelemahan, kelemahannya adalah kunjungan ke blog anda bukan didasari oleh kebutuhan.

Tetapi karena ketertarikan, mengapa hal itu menjadi lemah? Karena margin (margin kepuasan) yang dihasilkan kecil, jadi jika dilihat, bisa dinilai kunjungan kepada blog anda tidak terlalu berkualitas.

Contoh sederhananya, anda sedang duduk dan main facebook, saat anda scroll ke bawah timeline anda, anda menemukan artikel dan anda mengklik artikel tersebut.

Saya tanya, apakah anda butuh artikel tersebut? Seberapa mendalam ikatan artikel tersebut bagi anda? Saya yakin tidak terlalu mendalam

Berbeda jika suatu artikel ditemukan pada mesin pencarian, jika artikel yang anda sajikan itu memenuhi kebutuhan pengunjung, maka akan ada feedback.

Aktif Di Blog Orang Lain (Blog Walking)

Salah satu cara “jadul” agar blog banyak pengunjung adalah dengan melakukan blog walking, cara seperti ini sebenarnya jemput bola, karena sesungguhnya anda datang untuk menawarkan secara langsung ke pengunjung anda.

Namun, cara ini sekarang salah dipraktekan, mengapa demikian? Karena banyak yang tidak memahami cara jemput bola yang benar.

Kebanyakan blogger ketika melakukan blog walking tidak menawarkan blog mereka, hanya sekedar komen yang tidak menambah manfaat.

Seperti:

“nice info gan”

“makasih gan”

“bagus ini konten”

“kunjungi juga blog saya”

Dan lain-lainnya yang tidak bisa saya sebutkan

Bagian komentar itu untuk diskusi, anda ketika blog walking coba lah untuk menjemput bola dengan cantik dengan berkomentar yang bermanfaat dan berkualitas.

Bagaimana blog walking yang benar?

  1. Tulis komentar sesuai topik
  2. Berikan masukan-masukan baru
  3. Memperkenalkan identitas diri
  4. Mencoba membuat komentar yang mengundang blog anda dicari
  5. Jangan meninggalkan link aktif yang tidak bermanfaat

Contoh:

“wah saya kok sudah mencoba seperti yang agan sarankan belum mendapatkan hasilnya ya?, saya punya masalah kunjungan untuk blog saya, tiap hari lalu lintasnya gak naik-naik padahal sudah beberapa 3 bulan, mohon bisa dibantu review blog ane di nihblogger(.)com, apa yang kurang dari blog ane itu, terima kasih gan”

Tidak hanya admin yang mengunjungi blog anda, tetapi para pembaca yang melihat komentar anda.

Dari komentar seperti itu pasti ada pembaca yang mencoba untuk membantu agan juga, mereka akan melihat blog anda, dan mencari solusi dari permasalahan yang anda hadapi.

Mengikuti Komunitas Yang Sesuai Dengan Topik Blog

Komunitas berguna untuk berbagi, dengan anda bergabung dengan komunitas, anda dapat saling menguntungkan, ketika ada permasalahan yang muncul dari anggota komunitas, dan ternyata anda memiliki topik blog yang membahas hal tersebut, anda bisa mencoba membagikan blog anda.

Namun, sekali lagi saya menyarankan anda untuk tidak melakukan spaming, karena akan merusak komunitas, selain itu anda akan dipandang buruk di mata komunitas.

Relevansi topik blog dengan komunitas harus sama, karena nanti tidak nyambung dan sulit untuk membagikan link blog kepada anggota lainnya.

coba saja jika anda masuk dalam komunitas motor besar, tapi anda membagikan link tentang artikel blog.

Pasti gak akan nyambung dan tidak ada yang minat mengunjungi blog anda.

Selanjutnya, anda aktif di komunitas, menjawab pertanyaan, memberikan solusi, dan membuat postingan yang benar-benar dapat memberikan wawasan kepada anggota lainnya.

Jangan tebar link kemana-mana, tidak ada hari tanpa tebar link, yang akhirnya membuat para anggota muak.

Menggunakan Profil Asli

Kebanyakan orang menggunakan fake profil, padahal orang sebenarnya ingin terkoneksi dengan orang juga.

Gini, mengapa saya menyarankan anda membuat profil asli dibandingkan profil palsu untuk menutup-nutupi kepemilikan blog, karena akan lebih mudah terkenal.

Di samping itu, ketika teman kita ternyata melihat bahwa pengarang blognya adalah temannya, mereka akan lebih mudah untuk membagikan blog anda agar teman-teman yang lain melihat blog kamu.

Jadi ada support kecil-kecilan untuk blog, di samping itu blog yang memiliki profil asli itu memiliki tingkat kesuksesan yang besar.

Coba lihat list di bawah ini:

  1. Klikmania pemiliknya mas gani
  2. Panduanim pemiliknya mas darmawan
  3. Sugeng.id pemiliknya mas sugeng
  4. Juragan cipir pemiliknya mbak indri
  5. Bahkan sampai kambing hitam blognya raditya dika

Dan semua blog di atas mempunyai identitas yang asli, sehingga para pembaca merasa ada koneksi, mereka tidak sedang membaca blog yang anonymous.

Jangan minder untuk menampilkan profil asli anda

Menyediakan Email Subcription (Email Langganan) Untuk Blog

Selanjutnya adalah menyediakan email langganan, beberapa blogger tidak menyadari kegunaan email langganan.

Jika anda ingin tahu, email langganan ternyata memiliki konversi rate yang tinggi dibandingkan yang lainnya.

data nilai konversi menurut asal kunjungan


Apalagi bagi blog yang menjual produk, lebih baik membuat email langganan agar penjualan produk kamu lebih cepat.

Email yang masuk secara langsung ke masing-masing inbox pelanggan, memiliki nilai yang berbeda dibandingkan mereka harus menemukannya di media sosial.

Karena terasa lebih privat.

Sedangkan ketika anda sudah memeliki yang berlangganan ke blog anda, coba lah membuat email yang keren.

Keren disini adalah mengundang klik pembaca.

Cara membuat email yang menghasilkan klik:
  1. Menggunakan Template HTML pada kiriman email
  2. Menggunakan kata-kata yang mengajak untuk melihat blog
  3. Gunakan kata-kata yang singkat
  4. Gunakan gambar pendukung dalam email

Contoh email langganan yang bagus:

mengirimkan email yang mengundang klik langganan anda

Menggunakan Template Blog Yang Ringan

Menggunakan template yang ringan ternyata berpengaruh kepada peringkat kita di google, semakin cepat blog diakses, semakin besar juga kemungkinan untuk menduduki posisi satu google.

Mengapa mesin pencari khususnya Google melakukan pemeringkatan berdasarkan loading web? Karena memang mereka ingin memberikan hasil terbaik kepada pengguna.

Jika anda tidak percaya, coba lah untuk menuliskan sebuah kata kunci di Google dan lihat apakah loading blog tersebut lama atau cepat.

orang akan tetap tinggal untuk melihat blog ketika loading blog hanya 0,7, sedangkan 53% orang akan tetap tinggal untuk menyaksikan blog ketika blog memiliki loading 1-3 detik.

Walaupun selisih hanya beberapa detik saja, ternyata sangat berpengaruh.

Dan apalagi sekarang rata-rata orang menjelajahi internet menggunakan smartphone, semakin lama loading, semakin mudah untuk ditinggalkan.

Backlink Blog

Salah satu indikator yang masih digunakan hingga sekarang untuk membuat blog naik adalah backlink, indikator tersebut karena termasuk variable dasar dalam algoritma khususnya Google.

Biasanya ahli SEO membicarakan blog itu bagus dilihat dari pagerank.

Nah apa rumus algorithma google?

Salah satu formula algoritma Google yang pernah dipublikasikan

PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

  1. PR(A) adalah Pagerank halaman A
  2. PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
  3. C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
  4. d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
  5. N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)

(sumber: wikipedia)

Walaupun saat ini banyak yang berubah, namun ternyata variable PR(T1) atau backlink masih sangat bekerja dengan baik.

Tinggal bagaimana kita bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, saya tidak akan membahas teknikal mencari atau membuat backlink yang berkualitas, karena sudah diwakilkan oleh blogger lain yang telah membuat artikel lebih komplit.

Tinggal anda mengunjungi artikel di link yang sudah saya berikan.

Memasang Tombol Share di Blog

Salah satu cara psikologi yang dapat diterapkan pada blog anda, agar blog memiliki lalu lintas adalah dengan memasang tombol share dan jumlah share ke media sosial.

Masa bisa sih menaikan pengunjung blog?

Bisa, jika anda dengan benar menggunakan kesempatan itu.

Dalam ilmu psikologi ada yang namanya social proof, atau bukti sosial bahwa konten pada blog anda itu benar-benar bagus.

Apa yang menjadi bukti?

Tentu saja bukti itu bisa dilihat dari isi artikel dan berapa orang yang membagikan artikel anda.

Coba perhatikan beberapa blog yang memasang jumlah share di blog mereka, itu untuk membuat para pengunjung membagikan lagi blog mereka.

Ada rasa ingin terlibat dengan artikel yang dibaca, karena yang membagikan banyak, pengunjung merasa tidak sendirian.

Yang akhirnya, ketika dibagikan lagi kepada teman-teman mereka di sosial media akan ada kunjungan lainnya yang membaca blog anda.

Begitulah seterusnya hingga mencapai batasnya.

Berikan Pengunjung Oleh-Oleh

Selanjutnya adalah berbicara tentang loyalitas pengunjung, coba kita lihat returning visitor dari blog-blog yang menyediakan “oleh-oleh” untuk pengunjungnya.

Coba lihat blog download film atau sharing file seperti di bawah ini:

blog yang memberikan oleh-oleh lebih punya pengunjung loyal

Mereka punya returning visitor, atau pengunjung yang kembali lagi untuk mengunjungi blog lebih besar.

Bisa di kisaran 40-60% yang datang untuk mengunjungi blog mereka adalah pengunjung yang sudah pernah melihat.

Saya tidak menyarankan untuk blog yang berbentuk tulisan untuk membagikan file-file musik ber-copy right, berhak cipta karena bisa tidak nyambung di mesin pencarian.

Untuk blog tulisan coba lebih produktif untuk membuat tulisan dan memberikan oleh-oleh kepada pengunjung berupa ebook atau infograpik.

Dan jika ingin lebih baik lagi, coba oleh-oleh tersebut dipadukan dengan email langganan, selain anda dapat returning visitor, anda juga aktif mengajak mereka kembali.

Update Artikel Yang Sudah Usang

Mengupdate artikel yang usang juga dapat membuat artikel tersebut mendapatkan lalu lintas, contohnya seperti ini:

Pada tahun 2017 ternyata anda membuat artikel tentang cara mendaftarkan blog di adsense full approve 2017, ternyata tahun sudah berganti dan ranking blog anda di mesin pencarian menurun.

Karena sudah berganti tahun, dan relevansi blog anda pada tahun berikutnya tidak berhubungan karena ternyata pada tahun 2018 ada update dari adsense.

Sebaiknya anda update artikel agar relevansi artikel dengan pengguna terpenuhi.

Disamping itu, artikel lama yang di update juga memberikan kesegaran pembaca untuk melihat kembali.

Saya tidak akan memberikan penjelasan panjang lebar pada cara ini, tetapi saya akan berikan refrensi, mengapa mengupdate artikel dapat memberikan pengaruh kepada jumlah kunjungan.

Jangan Menyerah

Jangan menyerah untuk terus mengembangkan blog, setiap segala sesuatu itu ada prosesnya, tidak ada sesuatu yang dicapai dengan mudah.

Kebanyakan orang akan mendapatkan pengunjung yang besar ketika blog sudah memiliki umur 1 tahun lebih.

Saya bisa mendapatkan pengunjung blog besar karena blog saya sudah lama, karena mesin telusur sekarang lebih lama untuk mengidentifikasi blog, maka dari itu perlu kesabaran lebih agar blog berpengunjung besar.

Akhir kata, orang yang menyerah tidak akan pernah tau manisnya sebuah keberhasilan.

Komentar

  1. Waduh.. blog saya nggak pake semua yg di atas., gimana nih 😢😢😢 bakalan jadi kuburan dong.. sepi 😢😢😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampunn suhuuu, faktor terbesar link dan konten, konten-konten om anton keren-keren kok om, plus ada bantuan dari temen-temen dan pengunjung yang merekomendasikan, jadinya banyak yang ngunjungin hehehehe
      ada bahasa inggrisnya lagi
      makasih admin lovely bogor udah berkunjung hihihi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

7 Cara Ampuh Meningkatkan 200% Pendapatan Iklan Pada Blog

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Cara Menentukan Judul Blog Yang Bagus dan Menarik Pengunjung