Langsung ke konten utama

3 Tips Menjadi Blogger Sukses Dengan Niche Apa Pun

cara menjadi blogger sukses

Mudah itu tidak ada untuk menjadi blogger sukses!


Mengenang hari-hari yang pernah dilalui, Blogging adalah aktivitas yang jarang orang tekuni, dan masih sedikit mau bersusah payah mendapatkan dolar-dolar dari internet, menjadi blogger sukses tidak mudah didapatkan, karena itu adalah sebuah achivement tersendiri bagi para penggilanya.

Sukses dengan blogger atau sukses menjadi blogger adalah dua hal berbeda, yang satunya berbicara kesuksesan hanya melalui platfrom blogging, dan yang satunya sukses dengan berbagai hal termasuk blogger.

Saya ingin mengatakan kepada anda “menjadi blogger sukses tidak lah mudah”, jangan menganggap remeh sebuah bidang, alih-alih mencapai kesuksesan, baru satu dua langkah anda bisa-bisa sudah merengek karena kesuksesan itu belum anda dapatkan secara instan!

Cara Instan itulah yang sering mematikan passion blogging

Mengapa saya memakai kata passion? Karena ini sebuah bidang yang memang harus anda cintai dan memiliki gairah di dalamnya.

Saya saja menekuni blog sudah sampai 3 tahun, dan saya tahu itu bukan lah waktu yang singkat, dan untuk mencapai kesuksesan saya relakan berbagai hal penting dalam hidup saya, termasuk putus dari pacar saya!

Sedih memang jika pada saat ini, cara instan yang dicari para blogger pemula, namun apalah daya jika memang tabiat seperti itu.

Berbicara kesuksesan sebagai apa yang ingin kita capai, saya ingin membagikan hal itu, karena saya pikir, kesuksesan adalah parameter abstrak yang tidak dapat dijangkau secara materil, perlu indikator agar menjadi jelas.

Ribet ya?

Memang bahasa saya yang sedikit “njelimet” dalam penulisan, namun saya mencoba sekuat tenaga saya untuk membuat anda paham.

Dalam dunia internet, termasuk juga pada blogging ada 3 parameter kesuksesan yang bisa anda pilih, atau anda dapatkan ketiganya, yaitu:

  • Uang
  • Popularitas
  • Kekuasaan


But, is that True? iya, itu benar, jika anda masih tidak percaya ketiga parameter tersebut, saya akan berikan masing-masing contoh dari ketiga parameter tersebut.

Beberapa blogger , mendefinisikan kesuksesan mereka dari seberapa banyak mereka menghasilkan uang, makanya banyak sekali blogger yang mencari bagaimana menghasilkan uang dari blog, atau beberapa blogger yang sukses “pamer” earning mereka kepada pemula untuk menjadi penyemangat.

Beberapa yang lainnya, memilih popularitas dari pada uang, seperti Raditya dika, memulai karir penulisan dari menulis blog, dan menjadi populer, motivasi mereka memilih populer dari pada uang, mungkin “uang mengikuti popularitas”.

Namun, parameter kedua adalah parameter yang tersulit dicapai oleh para blogger saat ini, karena jarang sekali yang konsisten dengan marketing blog.

Dan pada umumnya, para blogger itu mencari kekuasaan, saya yakin anda yang membaca dan sudah memulai blog sedang dimabuk dengan bagaimana muncul di posisi satu Google.

Berbagai pikiran yang muncul ketika anda menulis artikel adalah bagaimana anda dapat menguasai mesin pencarian dan membuat blog anda muncul di page one.

Maka, dari itu saya rasa kekuasaan adalah hal yang paling umum menjadi parameter kesuksesan blog yang paling lumrah.

Namun, jika kita mengukur dari dua para meter selain parameter kekuasaan, sebenarnya akan semakin sedikit yang survive hingga mereka mencapainya.

Saya rasa hanya ada 5% blogger yang dapat mencapai sesuai dengan parameter mereka, sebagai contoh, ketika seseorang sudah mendapatkan apa yang ingin dicapai, seperti blog yang ramai dikunjungi user,namun tidak diterima di program Adsense, lalu mereka menyerah.

persentase blog yang sukses


Memang sedih perjalanan seorang blogger, jangan dianggap blogging itu mudah!

Karena saya tidak mau membohongi anda semua dengan kata-kata mudah sebagai pemantik semangat blogging anda, karena saya ingin kasih tau “kecewa datang belakangan”.

Langkah Pada Diri Sendiri

#1 Niat Untuk Memberikan Manfaat

Saya ingin memulai dari faktor internal, karena saya yakin hanya faktor internal lah yang akan membantu anda untuk “survive” di dalam dunia blogging.

I Call it “Tujuan Besar Menuntuk Kepada Hasil yang Besar”, banyak dari temen-temen blogger yang melihat blogging sebagai tujuan pribadi semata, akhirnya yang disampaikan tidak dari hati, “apa yang tidak ditulis dari hati akan sulit menyentuh hati” pembaca, sehingga pantas saja jika banyak yang tidak mendapatkan feedback.

Maka dari itu anda perlu motivasi yang sungguh powerfull untuk terus berjuang dan menyajikan konten orginal yang belum pernah dibuat oleh siapa pun.

Dan saya lebih memilih untuk bertujuan memberikan manfaat, tidak hanya sedikit namun benar-benar bermanfaat untuk semua orang.

Banyak juga dari blogger itu melakukan copy-paste dan saya yakin itu telah membuat anda ketika membaca blog yang sama persis tidak mendapatkan manfaat sedikit pun, karena value yang disajikan sama saja dengan yang aslinya.

Dan itu tidak etis juga  untuk anda lakukan, dan saya memilih memberikan manfaat karena itu tidak akan surut ketika puncak kesuksesan dari tiga parameter di atas.

#2 Tentukan Target Amazingmu!


Awal mula saya memulai blogging, saya memiliki suhu atawa master yang mengajarkan saya, saya berterima kasih kepada beliau Mr. J yang memilihkan target berat yaitu 1000 visitor/day dalam 1 bulan! Dengan organik visitor harus melebih 80%.

Bagi blogger pemula itu adalah hal yang sungguh sulit, namun saya belajar banyak, kesulitan tersebut lah yang menuntun saya untuk sukses hingga sekarang ini.

Jangan bertanya kesuksesan macam apa yang telah saya peroleh, bisa kita diskusikan bersama di dalam chat pribadi saja hehehe.

Namun, pada penargetan 1 bulan untuk 1000 visitor/day itu gila memang, dan waktu itu juga saya tidak berhasil, hanya mencapai 800 saja, dan itu saya sudah senang.

Pada saat ini, target sebesar itu imposible karena persaingan di dunia blogging sudah sangat “gila”, saya yakin pula anda dalam sebulan tidak dapat mendapatkan target sebesar itu kecuali anda memiliki artikel yang “back to life” dan berniche khusus yang sangat unik, banyak peminatnya namun minim pembahasan.

Nah, bagaimana dengan targetmu?

Anda yang harus tentukan sendiri, tuntukan juga target step –by-step, setelah anda mendapatkan satu target, target apa yang ingin anda capai di selanjutnya.

Stuck, adalah hal yang sering kali dihadapi, banyak yang menjalankan rutinitas yang tidak bisa dipecahkan dan diketahui apa ujungnya.

Contohnya, menulis artikel dan kita tidak tahu sebenarnya kita menulis untuk apa dan menulis artikel untuk mencapai apa, bagi saya menulis artikel ingin mendapatkan visitor yang banyak dan salah satu step  untuk menlanjutkan ke step selanjutnya.

Yah kembali lagi target amazing apa yang mau kamu capai kok!

#3 Komitmen Tanpa Ampun!


Setelah anda menentukan berbagai tetek-bengek step-step awal, anda perlu komitmen, bukan hanya pada masalah cinta, komitmen juga diperlukan untuk membangun blog bos.

Saya juga di awal mula membangun blog mengalami kegagalan di faktor komitmen, yang akhirnya  membuat saya gagal membangun blog yang berpenghasilan, memiliki popularitas, dan berkuasa di search engine.

Memang berat, berkomitmen mainnya tentang keteguhan hati dan tekad, saya baru belajar komitmen tanpa ampun yang memang sangat berpengaruh kepada pembangunan blog.

Jika melihat ke luar sana, banyak juga blog-blog mati tak berpemilik, sampai mereka tidak tahu bahwa investasi blog mereka telah bernilai besar, dan tidak dikonversikan ke pendapatan.

Saya tidak ingin anda mengalami hal serupa dengan saya atau pun mereka yang telah lelah menunggu hari datangnya blog mereka dapat menghasilkan uang, memiliki popularitas, dan menguasai search engine.

Penjelasan di atas sudah cukup mewakili kenapa anda perlu berkomitmen tanpa ampun untuk membangun blog yang sukses.

Selanjutnya mari berbicara bagaimana teknis menjadi blogger yang sukses dari segi ekstenal, yaitu membuat blog dari awal hingga mencapai ketiga kesuksesan di atas.

“kan bangun blog, kalo cuma dalam pikiran dan disimpan di dalam diri mah gak bakalan sukses juga”

Langkah Mencapai Kesuksesan dengan Blog!


#1 Platform Blog Yang Cocok Untuk Sukses


Di dunia ini banyak platfrom yang disediakan dengan begitu mudahnya untuk end-user seperti kita, dalam penyebutan resmi dari ahli platform tersebut disebut dengan “content management system” atau yang lebih dikenal dengan CMS.

Istilah CMS itu jarang sekali disebut oleh para blogger, yang sering digunakan adalah tempat nge-blog atau pertanyaan “penyedia blog gratis” karena kalimat dan kata-kata seperti itu sangat mudah dimengerti dan dipahami oleh para blogger pemula.

Tapi mungkin kita akan menyepakati penyebutan tempat nge-blog dengan platform saja, agar saya yang ngetik lebih mudah dan singkat.

“jadi ada platform apa saja untuk blogging?”

Pada umumnya dan yang terkenal platform blogging didominasi oleh 2 platform yaitu:
Blogspot dengan halaman situs mereka blogger.com

Dan wordpress dengan dua jenis, self-hosted yang beralamat di wordpress.org yang disediakan di hosting masing-masing, dan wordpress.com yang versi gratisnya.

Namun, masih ada yang lain seperti:


  • tumblr
  • Drupal
  • Joomla


Dan berbagai macam platform lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-per-satu karena memang saya belum begitu berpengalaman di platform lainnya.

Pasti kawan-kawan akan mengkomparasikan/membandingkan, platform mana yang lebih baik?
Saya ingin menjawab dengan usability, jadi saya menjawab melihat dari kegunaan yang dapat diberikan oleh berbagai platform tersebut.

Jika kita seorang pemula, blogger adalah tempat yang tepat untuk kita memulai, karena fitur yang ditawarkan cukup lengkap.

Blogger juga sangat kompetibel dengan Google, karena itu adalah anak perusahaan Google yang memang dikhususkan untuk kita yang hobi dengan menulis, saya juga masih memakai blogger untuk menulis dan membangun blog.

Gratis dan mantap adalah dua kata yang tepat untuk platform blogger, secara otomatis jika kita sudah memenuhi syarat menguangkan blog kita, kita dapat mendaftar ke Adsense.

Namun, jika anda adalah seorang yang sudah lumayan faham dengan dunia blogging dan paham dengan HTML, CSS, dan PHP, lebih baik pindah ke platform wordpress, karena kemudahan optimasi yang saya bisa bilang wow!

Secara singkat, layanan yang ditawarkan di wordpress.org bukan wordpress.com begitu lengkap, hingga hal-hal yang tidak kita pikirkan sudah dibuatkan pluginnya.

Paling umum, seperti halaman login untuk user baru seperti berbagai website besar juga difasilitasi oleh wordpress.org.

Jadi mana yang lebih baik? Keduanya baik tetapi kembali lagi kepada penggunaan, karena sering kali melihat blogger yang baru sudah membangun di wordpress.org dan mendapatkan masalah pengelolaan.

Dari pada anda sulit di dalam pengelolaan dan itu membuat anda tidak semangat untuk mengelola blog, lebih baik menggunakan versi gratis seperti blogger yang sudah teruji.

#2 Mulai Menguasai Search Engine!


Langkah selanjutnya adalah mencapai kesuksesan yang paling umum adalah berkuasa di page one Google.

Keuntungan yang anda dapat ketika berada di page one dan posisi satu adalah banyaknya lalu lintas kunjungan ke blog anda, nah kalo udah banyak yang berkunjungkan kita dapat melakukan branding blog atau memonetisasi blog.

Tapi, gak mudah bos kalo kita mau berkuasa, lawannya beragam, mulai dari blogger pemula hingga blogger yang sangat suhu juga mengincar, di situ kita istilahnya tendang-tendangan sama mereka-mereka itu biar bisa masuk rangking 1 Google.

Jadi bagaimana kita dapat berkuasa? Kita butuh SEO yang canggih, mengapa saya sebut canggih? Karena  berbentuk sistem layaknya sebuah sistem pada perangkat robotik, walaupun hasilnya bukan robot atau aplikasi.

Menurut versi saya indikator SEO yang baik itu yang seperti .....

Penasaran bagaimana SEO yang saya buat untuk masuk pada halaman satu Google?

Gunakan “Magic of Word” pada Judul


Judul bukan hanya judul bagi saya, dia adalah nafas artikel dan permukaan yang dapat dilihat secara langsung untuk para pembaca.

Setidaknya jika para pesaing anda memiliki artikel yang hampir sama dengan anda, anda butuh sesuatu yang berbeda, sehingga mesin dapat mengidentifikasi jika artikel kita tidak sama dengan yang lain dan memberikan pilhan kepada user.

Di samping itu, kita perlu judul yang dapat menarik user, untuk mengklik artikel kita, tujuannya agar lalu lintas yang kita dapatkan karena faktor judul.

Contoh saja, pada keyword “menghasilkan uang dari blog” banyak artikel yang membahas itu dan hampir semuanya memberikan kesimpulan yang sama, namun jika ada artikel dengan judul “menghasilkan uang 100juta/hari dari blog” mana yang lebih menarik?

Sudah pasti dengan tambahan 100juta/hari!. Kita sedang diiming-imingi uang seratus juta, dan itu pastinya membuat mereka penasaran.

Magic of word” ini saya bisa nilai sebagai  modal awal orang tertarik.

Selebihnya kita serahkan kepada optimasi yang lainnya, karena “magic of word” hanya sebagai permulaan sehingga kita perlu hal lain untuk mendukung kinerja “magic of word” untuk menyihir pembaca dan menjadikan mereka loyal agar membantu menaikan posisi kita di search engine.

Heading Itu Penting Untuk Membedakan Sub-Topik


Heading biasanya digunakan para jurnalis untuk membedakan sebuah sub-topic, para pembaca dapat melihat kemana penulis mengarahkan pembaca, dan seberapa lengkap tulisan yang disajikan.

Perbedaan, penulisan pada headings di dunia nyata dan internet adalah yang satu dinilai oleh pembaca langsung dan yang satu dinilai terlebih dahulu oleh search engine, yang dimana dibaca menggunakan mesin.

Secara langsung, mesin mencari kelengkapan artikel dengan membaca poin-poin penyampaian yang anda berikan melalui headings, maka dari itu setiap tingkat headings memiliki kodenya sendiri-sendiri.

Lantas bagaimana membuat heading yang ramah dengan mesin pencari?

Yang tepenting adalah anda tidak brutal menaruh keyword pada setiap headings, yang akan mengakibatkan anda dinilai spam oleh mesin pencari, dan akan membuat sia-sia usaha anda melakukan optimasi.

Setelah saya studi kasus ke beberapa blog dengan posisi satu dengan beberapa keyword, mereka memiliki jumlah headings dengan pembahasan yang mendalam pada setiap headings nya.

Saya pernah temukan, dalam satu postingan ada yang memasang hingga 19 headings dan itu semua benar-benar berkaitan dengan isi dari artikel.

Kesuksesan berkuasa di mesin pencarian memang sulit, masih pada langkah kedua dalam optimasi saja kita sudah dihadapkan dengan berbagai rambu-rambu, namun jika anda tidak pantang arah, mari lah kita melanjutkan kembali pembahasannya.

Tapi, jangan percaya juga banyaknya headings berpengaruh pada optimasi, karena bukan kuantitas yang menjadi hitungan pada melakukan optimasi di headings artikel blog.

Optimalkan Kesempatan Menambahkan Berbagai Media!


Salah satu yang menjadi pertimbangan dari perangkingan adalah sumber media yang diberikan, seperti pada satu kasus saya melihat blog dengan artikel yang disertai gambar pendukung lebih mudah masuk page one.

Google menilai bahwa artikel anda menyajikan manfaat yang begitu lengkap dengan sumber daya pendukung, ilustrasi, video, dan dokumen yang di-attach.

setidaknya buatlah 2 sumber daya pendukung untuk satu postingan.

Dan dari dua sumber daya pendukung tersebut, masing-masing memberikan nilai yang berbeda dan tetap mendukung topik utama yang disampaikan.

Karena jika kita hanya menampilkan yang memiliki nilai yang sama untuk apa memasang dua media pendukung, lebih baik satu saja dari pada dianggap spam oleh Google.

Berbicara tentang sumber daya media yang kita tampilkan dan mesin crawler, kita berbicara kembali tentang kode, identifikasi yang paling mudah adalah menambahkan atribut “alt” pada setiap photo, iya karena itu lah yang dapat dibaca.

Saya juga baru sadar, setelah beberapa kali melihat pola yang dilakukan para pemegang rangking satu di halaman satu Google, mereka membuat perbedaan pada setiap “alt” image. Walaupun nanti pada akhirnya di tinjau ulang agar user benar-benar mendapatkan manfaat yang maksimal.

Link Internal Untuk Membangun Crawling yang Sehat


Saya kira anda perlu membuat sebuah bangunan blog yang nyaman untuk mesin crawling, fungsi link internal itu untuk “spider-bot” nyaman dan menjelejahi blog anda dengan lengkap.

Dalam membangun blog anda dihadapkan dengan dua prioritas, prioritas mesin dan manusia, mesin telusur yang menentukan apakah anda layak masuk dan berkuasa, manusia yang menilai secara manual blog anda bagus atau tidak.

Pada kasus link internal, kita sering menjelajahi sebuah link yang ada pada satu artikel dan ternyata itu tidak satu pun mengindikasikan hal yang relevan pada pembahasan sebelumnya.

Begitu juga dengan bot menilai, pada satu topik anda membuat loncatan yang tidak signifikan, sehingga mesin mengira anda membuat bangunan blog yang tidak relevan dan mengarah kepada penipuan.

Maka link internal building yang baik adalah dengan membuat tautan yang benar-benar relevan dengan pembahasan.

Sebagai contoh, anda sedang menyajikan artikel tentang blogging dan ada link internal dengan anchor text menghasilkan uang dari blog, namun ternyata artikel yang dibahas pada link tersebut adalah artikel otomotif.

Saya tidak habis pikir, jika ada yang mencoba mengelabui perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, mereka sudah terlebih dulu tau seluk-beluk internet dari pada mereka.

Dan juga penggunaan anchor text menjadi masalah yang sering dialami blogger, yaitu membuat anchor text yang tidak relevan pula, masalah serius menurut saya, karena itu kemungkinan juga menjurus kepada penipuan ke pembaca.

Jika kita membuat tautan internal seharusnya kita membuat seperti refrensi artikel yang berkaitan, jadi ketika artikel satu tidak lengkap dibantu dengan artikel lainnya yang membuat artikel tersebut ber-value besar.

Kepopuleran Blog Sangat Membantu Menaikan Ranking


“ah, penulis ini selalu menyarankan buat blog yang berdasarkan penilaian manusia, kan yang nilai mesin juga!”

Nanti dulu, jangan anggap sepele untuk penilaian manusia untuk optimasi SEO, saya juga dulu optimasi secara brutal, tak tahu arah dan itu membuat saya menyesal sekarang, karena apa?

Karena tidak banyak yang merekomendasikan blog saya, dan itu tidak membuat blog saya jadi “Authority Site” atau situs dengan otoritas khusus, karena banyak orang yang mendapatkan banyak manfaat dari blog tersebut.

Para mastah itu sadar, untuk mendapatkan authority site, perlu usaha lebih karena pengaruhnya kepada ranking dan posisi di mesin pencari.

Asam-manisnya blogging sudah dirasakan, itu lah mengapa saya menyarankan manusia sebagai faktor untuk anda membangun blog, nanti secara natural blog anda direkomendasikan lagi ke sosial media, blog, atau situs, sehingga external link building secara alami bisa anda dapatkan.

Walaupun, authority site tidak hanya didapatkan dari manusia, seperti ditautkannya blog anda di situs terpercaya juga menjadi salah cara anda bisa mendapatkan authority site.

Termasuk backlink menjadi penentu anda mendapatkan posisi, namun backlink juga perlu yang berkualitas, yang artinya bener-bener merekomendasikan blog anda, bukan hanya masalah banyaknya backlink.

Malahan backlink yang tidak berkualitas dapat menurunkan popularitas blog anda, karena anda dinilai “spam!” oleh mesin pencari.

Jujur saja, saya tidak terlalu suka menulis teknik atau metode, karena itu membosankan, seperti terpusat kepada hal-hal stagnan, maka dari itu saya lebih suka menulis improvisasi dari berbagai teknik dan dijelaskan secara deskriptif.

Perlu Artikel Lanjutan Untuk Membantu Anda Mendapatkan Uang dari Blog dan Sukses dari Segi Materil

Lanjut kembali kepada bagaimana menjadi blogger sukses, kita akan melanjutkan kepada parameter yang kedua yaitu parameter uang.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya bagaimana menghasilkan uang dari blog, kita tidak hanya bisa menghasilkan uang dari Adsense, Adsense adalah salah satu cara saja untuk mendapatkan uang.

Jika anda penasaran bagaimana menghasilkan uang dari blog, silahkan klik tautan berikut: Penghasilan dari Blog

Step monitesisasi adalah step yang general tidak khusus, jika kita ingin fokus pada step monitesisasi sebetulnya perlu artikel yang memang khusus membahas satu-satu jalan mendapatkan uang dari blog.

Seperti artikel mendapatkan uang dari blog melalui affiliasi, berjualan produk mandiri, atau dari periklanan, itu akan lebih rinci di bahas, namun ada baiknya anda mendifinisikan secara pribadi kesuksesan yang diukur dengan indikator uang.

“Apakah berpenghasilan $100 perhari sudah sukses? Atau $1000 perhari sudah sukses?” yang pasti anak adam jika sudah diberikan satu gunung emas mereka akan mencari gunung emas lainnya.

Malah saya ceramah hehehe.

Untuk Menyelesaikan Artikel yang begitu panjang ini saya ingin membahas popularitas lebih dalam, karena sangat jarang kesuksesan popularitas blog di bahas, karena sudah ditutupi dengan earning, earning dan earning!

Kesuksesan Popularitas Blog Adalah Masalah Pengaruh

Saya tidak skeptis sedikitpun dengan kata earning namun, terkadang earning dari blog membutakan mata banyak blogger, itu lah salah satu faktor yang membuat AGC dan para Copaser lahir di dunia blogging, karena sudah buta akan earning.

Popularitas lebih dekat dengan konten berkualitas, seperti blog-blog populer yang ada sekarang, mereka memiliki ciri khas yang tidak ada di blogger lainnya, karena mereka mengedepankan kualitas dibandingkan earning.

Bisa gila anda kalo di awal saja sudah mikirin dan bernafsu mendapatkan earning secepat kilat, mari lah bersabar dalam berkarya.

Popularitas blog tidak begitu terkait dengan earning, kita mengejar popularitas untuk menjadi terkenal, seperti blog anda mengajarkan bahasa inggris dengan baik atau bisnis secara lengkap, dan anda terkenal dengan sebutan “mastah pada bidang bahasa inggris atau bisnis”.

Nilai prestisius seperti itulah yang menjadi Dopamine tersendiri bagi otak, meningkatkan kinerja otak untuk membuat konten kreatif dan bersemangat menjadikan diri anda yang terbaik.

Dalam dunia internet atau pun dunia nyata, bagaimana anda menjadi popular itu karena blog anda dibicarakan di berbagai lini, lini media sosial, berita, situs terpercaya dan berbagai medium komunikasi lainnya.

Lalu, bagaimana kita dapat mencapai kesuksesan pada indikator populer?

#1 Originalitas Bahan Utama Untuk Membawa Anda Kesana


Saya yakin, anda telah membaca beberapa kali pada tulisan ini tentang artikel berkualitas, namun saya kira itu adalah alasan wajib mengapa anda terkenal.

Dalam dunia ini, sangat jarang terkhusus pada era modern ini yang memiliki kemampuan polymath mahir dalam berbagai bidang dan menjadi ahli disana.

Begitu pula dalam blogging, mungkin anda sangat mahir di bidang artificial Intelegence namun belum tentu anda ahli pada bidang nuklir, kedua bidang yang berbeda sangat jarang dikuasai dengan  dalam oleh satu orang.

Maka, banyak master blogging sekarang yang menyarankan para pembacanya untuk menuliskan sesuai passion mereka.

Jangan lah anda menulis yang tidak anda bidangi, alih-alih membantu jika saja salah akan membuat anda buruk di mata pembaca anda.

Karena karakteristik manusia saat ini, lebih banyak mengkritik dibanding memberikan apresiasi.

#2 Aktif Memberikan Solusi di Berbagai Platform Internet Sesuai Bidang Anda


Marketing yang baik adalah salah satunya memberikan kepuasaan kepada konsumen pada hal ini adalah pembaca anda, anda perlu memuaskan pertanyaan dan hasrat keingin tahuan pembaca anda
Dengan konten original dan pembahasan yang luas, modal utama anda untuk menjadi populer sudah dipenuhi.

Tinggal bagaimana kita dapat memasarkan manfaat kita kepada orang lain, yang sering dilakukan oleh para master adalah menjawab pertanyaan pembaca mereka secara langsung melalui grup, media sosial, dan medium komunikasi lainnya.

Mereka tanpa lelah memberikan solusi, sehingga mereka dianggap menjadi orang yang tepat untuk jadi tempat kembali untuk menuntaskan hasrat keingintahuan pembacanya.

Dan pastinya disertai link-link menuju kepada blog mereka, istilahnya sambil menyelam minum air, sambil memberikan solusi tebar link dengan sabar.

#3 Mengundang Fanatisme Pembaca


Dalam psikologi marketing ada beberapa teori yang membantu anda menjadi blogger yang sukses dari segi popularitas, kita berbicara banyak tentang SEO dan berbagai macam hal lainnya, tetapi kita lupa menanamkan paling esensi pada pembaca yaitu ketertarikan pembaca.

Selain manfaat, ada hal lain yang dapat menguntungkan anda agar menjadi populer yaitu primiring, social proof, dan feedback.

Kebanyakan blogger pemula tak sadar akan efek dari primiring, yaitu “menghipnotis” pengunjung dengan apa yang mereka pikirkan dengan trigger sebuah kata.

Contoh saja dalam penamaan website, sering kali saya melihat sesuatu yang tidak mudah diingat, anda sedikit mencontoh minuman mineral dalam kemasan, yang selalu menghipnotis kita untuk memikirkannya, sebut saja Aqua.

Maka dari itu, bagaimana caranya anda membuat website anda diingat oleh pembaca anda ketika orang lain menanyakan tentang niche blog anda, seperti ketika pembaca anda berdiskusi tentang kuda, yang kebetulan anda memiliki blog niche kuda, blog anda langsung diingat.

“saya melihat website bagus tentang kuda di alamat bla... bla... bla..., lengkap semuanya!”
Tanpa sadar mereka adalah marketer gratis yang telah anda didik dengan sendirinya.

Untuk menguatkan efek primiring, anda butuh social proof  dan feedback, dalam pengaplikasian social proof anda dapat memasang sebuah testimonial, komentar yang terekspos, dan jumlah sharing blog.

Tetapi, yang pasti perhatikan dengan baik pengunjung anda, dari manakah mereka menilai anda itu memang baik dan ahli? Apakah dari segi penulisan saja kah atau hal lain, seperti contoh anda membuat blog coding  yang mengajarkan pengodean kepada pembaca.

Anda perlu menampilkan testimonial dari komentar dan beragam contoh code yang praktis sehingga para user melihat dengan pasti blog anda adalah blog yang tepat!

Lalu, berbicara teori feedback pada pembangunan popularitas, adalah langkah lazim yang hampir blog besar menyajikannya, yaitu seperti memberikan ebook gratis, memberikan pengunjung sebuah umpan dan mereka akan mengumpan balik.

Bisa anda lakukan dengan cara yang tulus, tanpa menuntut mereka bargabung atau menshare blog anda, tetapi juga bisa menggunakan cara yang pamrih, yaitu menuntut user untuk membagikan blog anda.

Segala perbuatan kita punya resikonya, dan kesuksesan dapat dicapai dengan berbagai cara.
Istilah umumnya mah “banyak cara menuju Roma”, begitu pula dengan blogging.

Anda ingin sukses di blog, banyak cara menuju kesana, tinggal anda yang menentukan.

Dan terakhir, kesuksesan pula anda yang menentukan, mungkin ada orang yang menganggap diri mereka sukses karena sudah mengumpulkan visitor sebanyak 100/hari, namun ada juga yang sudah memiliki pendapatan $2500 perhari baru dikatakan sukses.

Semua kembali kepada anda sebagai pelaku di dunia blogging nantinya, saya hanya menuliskan pengalaman dan memandu anda.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

7 Cara Ampuh Meningkatkan 200% Pendapatan Iklan Pada Blog

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Panduan Memilih Niche Blog Terbaik Untuk Pemula