Langsung ke konten utama

Rahasia Bagaimana Blog Bisa Muncul di Google


artikel muncul di halaman satu google

Bagaimana Blog Bisa Muncul di Google?


Pertanyaan tentang blog semakin lama semakin banyak, perkembangan teknologi internet memberikan ruang tambahan untuk kita sebagai masyarakat untuk melihat peluang dari teknologi Internet, Sejak awal 2003 Google mengembangkan periklanan karena peluang yang mereka lihat.

Weblog, atau yang lebih kita kenal sebagai blog, menjadi primadona para pencari pekerjaan sampingan yang dapat memuaskan hasrat mereka akan ekonomi, terbukti dengan ada kompitisi dan perlombaan pribadi untuk membangun blog yang dapat memuaskan pengunjung dan menggiring pengunjung ke blog mereka.

Data mengatakan 80% traffik internet di arahkan oleh Google sebagai situs search engine terbesar di dunia yang mengalahkan pesaingnya dulu yaitu Yahoo! Yang sekarang dibeli oleh Windows, besarnya lalu lintas yang dihasilkan mengakibatkan perlombaan untuk duduk di page one Google.

Pertanyaan terbesar dalam benak kita pada saat ini sebagai seorang blogger adalah “bagaimana kita blog kita dapat muncul di page one Google?”

Secara sederhana banyak sekali temen-temen blogger di luar sana yang sudah mendefinisikan dengan sangat jelas cara-cara bagaimana blog kita bisa muncul di mesin Google, yaitu dengan memasukan blog kita ke webmaster yang dimiliki google yang bisa anda kunjungi pada tautan ini : webmaster Google

Lalu, setelah anda sudah mendaftarkan blog anda pada webmaster tool anda dapat mensubmit peta situs, dan melakukan submit update artikel di search console pada alamat berikut: Search Console

Namun, sekali lagi apakah hal itu sudah cukup untuk menghadapi tantangan dan persaingan dalam menduduki posisi pertama Google? Saya bisa katakan cara demikian tidak akan cukup.

Saya ingin mengulas beberapa data, betapa menggiurkannya berada pada posisi pertama pada halaman pencaharian Google, ada kemungkinan sebesar 29,6% klik yang di dapat jika kita bisa menduduki posisi pertama.

infografis artikel muncul di google


Walaupun, faktor posisi tidak menjadi alasan utama anda mendapatkan lalu lintas besar dari Google, beberapa studi kasus yang diulas oleh beberapa blogger, membuktikan tidak semua yang berada di posisi satu dapat menghasilkan lalu lintas yang lebih besar dibandingkan dengan artikel blog pada posisi kedua atau ketiga halaman satu google.

Pergeseran metode/teknik SEO pada saat ini menuju kepada Internet Marketing, selain faktor meta data yang ada pada kode HTML yang dipake oleh blog, judul yang menarik juga menjadi faktor penyumbang anda mendapatkan lalu lintas di google.

Algorithma Penentu Yang Misterius untuk Menentukan Blog Muncul di Google


Sering kali kita mencari solusi dari masalah yang praktis, namun kita tidak mencari akar masalah yang sedang kita hadapi, seperti halnya pada saat ini, kita masih membahas masalah bagaimana blog kita muncul di halaman satu, namun kita tidak mencoba mencari jawaban, bagaimana algoritma google bekerja untuk merangking dan mengindex halaman kita.

Dalam halaman resmi yang di rilis oleh Google, ada hal menarik untuk kita pelajari yaitu tentang crawling+indexing dan algoritma, pada tahap crawling google melihat halaman blog dengan membaca robot.txt dan sitemap yang diberikan.

Pada tahap ini, ketika kita sudah membuat sitemap dan telah didaftarkan pada webmastertool dan tercrawl oleh software Google, sesungguhnya website kita sudah muncul di pencaharian Google, namun masalah yang lebih serius adalah membuat Blog kita menjadi yang pertama.

Untuk menjawab bagaimana blog kita dapat menduduki posisi pertama, kita harus dapat mendefinisikan lebih baik bagaimana mereka merangking blog kita, masih dari halaman yang sama tentang algoritma, “mereka mencari pencarian yang relevan dengan melihat kata per kata dari blog kita”.

Apakah blog kita sesuai atau tidak dengan apa yang dicari oleh para user ? adalah pertanyaan yang seharusnya muncul dalam benak kita setelah membaca pernyataan yang saya tuliskan dengan tanda kutip, karena itu lah yang menjadi basis dalam merangking artikel blog yang kita tulis.

Namun, di sisi lain mereka juga menyatakan ada 200 indikator untuk menentukan apakah blog kita layak menduduki posisi yang tinggi, dan yang lebih menjadi menarik adalah, semua indikator yang diracik tidak satu pun yang bocor sehingga kita dapat menentukan dengan pasti bagaimana kita menulis artikel agar dapat menduduki posisi pertama.

Pada saat ini, hanya terkaan dan studi kasus saja yang menjadi panduan kita dalam mengoptimasi mesin pencaharian, seperti membuat backlink yang tertata atau biasa disebut dengan Web 2.0 dan penyisipan keyword pada setiap headings yang kita tuliskan.

Saya pribadi, memandang software atau mesin sebagai mesin, tidak ada bedanya dengan mesin kebanyakan yang mengerti bahasa mesin, dalam kasus ini saya menarik kesimpulan sebuah mesin dapat dipengaruhi atau ditandingi dengan mesin, seperti sistem keamanan yang bila diakali harus dengan mengetahui cara kerja sistem keamanan tersebut, begitu pula dalam melihat algoritma yang berbuah sebagai software.

Ada pola penting yang tergambarkan dalam setiap keyword yang dihasilkan, dalam sebuah forum kumpulan webmaster, saya pernah menulis, bagaimana pola yang terjadi selama bulan januari hingga maret lalu yang dihasilkan dari mesin pencaharian Google yaitu: Kesesuaian Judul dan Isi, Popularitas Blog atau website, Banyak Kata, Banyak Media Pendukung, Banyaknya Refrensi yang Berkaitan, Banyaknya Backlink, kesesuaian keyword pada headings, dan manfaat tulisan.

Indikator di atas sering kali kita sebut sebagai SEO, atau optimasi mesin pencarian. Pada tahun 2010-2016 sebuah formula SEO mukhtahir telah ditemukan, akibat terciptanya SEO yang mukhtahir tersebut banyak blog yang menggenerate secara otomatis berbagai macam artikel dan dijadikan menjadi satu dalam satu postingan dan itu membuat para user mendapatkan “nothing value!”.

Jevuska sebagai blog pertama yang menerapkan di Indonesia hal tersebut dengan menulis kode yang dapat menggenerate artikel orang lain menjadi artikel yang tampaknya berada pada blog dia, saya memandang Jevuska memiliki jasa besar dalam perbaikan Algoritma Google ini, sehingga kita bisa merasakan keadilan dalam menyajikan konten berkualitas untuk user.

Biarlah algoritma itu menjadi misterius, karena kemestriusannya menjadikan kita sebagai blogger yang terus berusaha untuk dapat menduduki posisi pertama Google atau setidaknya berusaha agar Blog kita bisa muncul di mesin pencarian Google.

User Experience Dalam Posisi Satu Google


Dalam dunia marketing, definisi experience menjadi hal wajib untuk dipenuhi oleh para pemilik bisnis, analogi ini cocok untuk kita sebagai content creator yang memiliki masa depan yang besar akan blog yang kita kelola, begitu pula dengan Google yang sebenarnya berpandangan bisnis dalam menyajikan mesin pencarian yang mukhtahir.

Mimpi besar yang sedang ingin dikejar adalah memonitesasi konten yang kita miliki, namun untuk mencapai kesana ada berbagai steps yang harus kita selesaikan terlebih dahulu, yaitu dengan membuat blog kita ramai kunjungan.

Meramaikan blog kita, tentu dengan usaha membuat konten kreatif dan unik ditambah SEO yang canggih, yang tentunya harus bisa berada pada halaman satu, dan berada pada posisi satu atau dua dengan judul yang menarik.

Tapi, sejujurnya saya ingin sekali ingin berbagi tentang masalah user experience  yang sering kali diabaikan oleh para blogger pemula, termasuk saya sendiri dulu, yaitu membuat konten yang mainstream dan tidak jujur.

Mengapa tidak jujur?, karena yang keluar dari tulisan saya tidak keluar dari hati dan menyentuh pembaca saya, meminjam istilah “kita dapat menyentuh hati dan memuaskan pembaca ketika kita menulis dengan hati dan kebutuhan mereka”.

Schema data pun tidak membantu saya untuk mencapai para pembaca yang ditargetkan oleh saya sejak awal, hanya konten berkualitas dan tampilan memuaskan yang dapat membantu pada Algoritma saat ini.

Saya ingin menunjukan bukti betapa Google ini ingin sekali menempatkan konten berkualitas yang dapat memuaskan user pada posisi pertama (user experience factor), yaitu dengan membuat terobosan baru seperti membuat proyek AMP (Accelerated Mobile Page), Mobile Index First, dan standar responsivitas pada template blogger.

Masalah posisi dan kemunculan blog di mesin pencarian berarti sudah merambah pada masalah marketing, maka dari itu saat ini kita hanya perlu membuat suatu konten yang memiliki nilai komersial yang tinggi dengan target keyword yang benar dan jujur.

Mungkin, dari anda masih ada yang bertanya-tanya, karena dalam beberapa kasus keyword yang anda ketik, tidak menggambarkan seperti yang saya tulis, saya akui hal itu terjadi karena tidak ada pilihan bagi mesin untuk memberikan artikel mana yang paling sesuai dengan kedua hal tersebut, sehingga mereka hanya menampilkan yang paling mendekati kriteria mereka.

Menyambung lagi, masalah marketing mungkin akan lebih kompleks lagi jika kita membahasnya pada postingan kali ini, mungkin saya akan menuliskan pada postingan berikutnya tentang "masalah marketing sebagai faktor alternatif yang dapat mempengaruhi peringkat pada mesin pencaharian".

Jika saat ini anda masih mencari teknik rahasia yang praktik (yang secara instan dapat diterapkan) saya perlu meminta maaf karena penjelasan yang tidak mengurut, karena saya ingin menjelaskan bagaimana blog kita bisa muncul di Google mulai dari dasar (basic thinking) sehingga anda dapat menerapkannya secara praktik yang tidak kaku, karena masalah SEO, Posisi pertama pada google, dan artikel yang baik untuk user Google adalah seni, indah dengan berbagai improvisasinya.

Komentar

  1. Main Game Online Dengan Modal Terkecil Bisa Menghasilkan Jutaan rupiah
    Mau tau cara nya ??? Buruan Akses ke link www,sahabatkartu,zone
    DAFTAR >>> DEPOSIT >>> MAIN >>> WITHDRAW
    Livechat : www*sahabatkartu*biz
    W.A : +85581734028
    PIN BB : 2BCDBEE2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Lengkap Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

8 Tips Agar Artikel Blog Kamu Lebih Mudah Dibaca Oleh Pengunjung

7 Cara Ampuh Meningkatkan 200% Pendapatan Iklan Pada Blog

Cara Mencari Kata Kunci Unik Dengan Tool Gratis Untuk Blog

Panduan Memilih Niche Blog Terbaik Untuk Pemula